Sukses

Kapan iPhone X Hadir di Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Meski Apple telah mengumumkan kehadiran iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X, mereka tidak mengungkap kapan trio iPhone teranyarnya ini menyambangi Indonesia.

Indonesia selalu jadi yang paling telat kebagian iPhone baru. Buktinya, iPhone 7 dan 7 Plus saja telat dijual di Indonesia karena tersandung aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Masuknya iPhone 7 dan 7 Plus saat itu juga merupakan hasil kolaborasi operator Smartfren dengan Apple dalam bentuk bundling.

Apakah iPhone X, iPhone 8, dan 8 Plus juga akan masuk ke Indonesia dengan cara yang sama, hadir dalam paket bundling Smartfren? Jika ya, kapan ketiga iPhone ini masuk ke Indonesia?

Head of Device Sourcing & Management Smartfren Hartadi Harsono menanggapi hal ini. Sayang, ia masih belum mau buka suara terkait kehadiran iPhone X, iPhone 8, dan 8 Plus.

"Kan baru launching, jadi belum tahu. Kami masih fokus kerja sama dengan penjualan iPhone 7 dan 7 Plus dulu, karena penjualannya bagus," ujar Hartadi kepada Tekno Liputan6.com usai acara Obrol Telko di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Pria berkacamata ini melanjutkan, bila Apple memang nanti akan memboyong ketiga iPhone baru itu ke Indonesia, artinya mereka harus mematuhi aturan TKDN yang sudah ditetapkan Pemerintah Indonesia.

Aturan tersebut mengharuskan semua perangkat 4G memiliki nilai kandungan lokal setidaknya 30 persen pada tahun ini. "Ya kalau mau masuk, yang penting harus dibereskan dulu TKDN-nya," imbuhnya.

Diketahui, iPhone X akan mulai dibuka pemesanannya pada 27 Oktober 2017 dan mulai diedarkan di beberapa negara pada 3 November 2017. 

Perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs ini menawarkan iPhone X dengan dua varian memori internal, 64GB dan 256GB.

Untuk iPhone X versi 64GB dibanderol harga US$ 999 atau sekitar Rp 13 juta, sedangkan untuk versi 256GB dibanderol harga US$1149 atau sekitar Rp 15 juta. Di Indonesia sendiri, iPhone X dijual dalam jalur tidak resmi dilego seharga Rp 23,5 jutaan.

Rencananya, Apple bakal merilis ketiga iPhone tersebut ke sejumlah negara, meliputi Australia, Austria, Belgia, Kanada, Tiongkok, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Irlandia, Italia, Jepang, Luksemburg, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, Puerto Rico, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, UAE, Inggris, Amerika Serikat, dan US Virgin Islands.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia di Balik Undangan Peluncuran Produk iPhone