Sukses

Deretan Smartphone Motorola Ini Bakal Cicipi Android Oreo

Liputan6.com, Jakarta - Motorola memastikan sejumlah smartphone yang akan mendapatkan pembaruan ke sistem operasi (OS) Android 8.0 Oreo. Bukan hanya smartphone Motorola yang meluncur pada tahun ini, tapi juga yang sebelumnya.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (16/9/2017), deretan smartphone yang akan mendapatkan pembaruan ke Android Oreo adalah Moto Z, Moto Z Droid, Moto Z Force Droid, Moto Z Play, Moto Z Play Droid dan Moto Z2 Play. Selain itu juga termasuk Moto Z2 Force Edition, Moto X4, Moto G5, Moto G5 Plus, Moto G5S dan Moto G5S Plus.

OS Android terbaru itu akan meluncur ke semua smartphone tersebut beberapa bulan lagi. Sayangnya, Motorola tidak merinci waktu peluncurannya. Namun, kemungkinan prosesnya akan dimulai dengan Moto Z2 Play dan Z2 Force Edition, yang merupakan smartphone high-end terbaru.

Kehadiran versi 8.0 Oreo sendiri akan membuat dominasi Android semakin besar. Saat ini Android menguasai pasar perangkat mobile dan digunakan oleh banyak vendor smartphone, termasuk Motorola.

Adapun pasar perangkat Android sendiri saat ini dikuasai oleh versi 6.0 Marshmallow. Berdasarkan data yang dirilis Google pada bulan ini, sebanyak 32,2 persen perangkat Android di seluruh dunia menggunakan OS tersebut. Posisi kedua ditempati oleh Lollipop dengan total 28,8 persen.

Nougat dengan versi 7.0 dan 7.1 menempati posisi ketiga dengan jumlah distribusi 15,8 persen dari total perangkat Android. Posisi selanjutnya secara berurutan ditempati oleh KitKat dengan 15,1 persen dan Jelly Bean 6,9 persen. Selanjutnya ada Gingerbread dan Ice Cream Sandwich dengan porsi distribusi yang sama, yaitu 0,6 persen.

(Din/Cas)

Saksiksan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Xiaomi Pastikan Mi A1 Meluncur di Indonesia, Harganya?
Artikel Selanjutnya
3 Fitur Nokia 8 yang Bakal Bikin Kamu Terpikat