Sukses

Ingin Tahu Facebook Kamu Diakses Orang Lain? Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Kasus pembajakan akun media sosial (medsos) seringkali terjadi di kalangan pengguna internet. Tak sedikit akun medsos yang tak bisa lagi dipulihkan, meskipun si korban sudah mengganti kata sandi (password).

Biasanya kasus ini terjadi pada pengguna media sosial populer, seperti Facebook. Kalau hal ini sudah terjadi, yang bisa lakukan adalah mengirimkan laporan (report) kepada Facebook agar segera ditindak.

Nah, sebelum hal ini terjadi pada kalian, biasakan untuk mengganti password secara berkala dan pastikan untuk log out saat kamu mengakses Facebook dari perangkat lain. 

Kamu bisa memulai pencegahan ini dari sekarang dengan mencari tahu apakah ada orang lain yang mengakses akun Facebook kamu. Caranya mudah sekali. Tim Tekno Liputan6.com akan memberikan ulasannya berikut ini:

Aplikasi Facebook 

Kami akan memaparkan dua macam cara, yakni lewat aplikasi dan dekstop. Pasalnya, tampilan Facebook pada perangkat mobile dan dekstop (komputer) berbeda. 

Tampilan aplikasi Facebook. (Liputan6.com/Corry Anestia)

Pertama-tama via aplikasi Facebook. Klik menu dengan ikon tiga baris di pojok kanan, ulas opsi menu ke bawah, lalu pilih Account Settings. Kemudian klik Security and Login dan cek Where You're Logged In.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Via Desktop

Dekstop (Komputer)

klik tanda panah bawah yang berada di pojok kanan atas. Kemudian klik opsi Settings dan Security and Login. Sama seperti cara di atas, kamu dapat mengeceknya di Where You're Logged In.

Tampilan dekstop. (Liputan6.com/Corry Anestia)

Di sini, kamu dapat melihat riwayat perangkat yang pernah digunakan untuk mengakses akunmu. Namun, perlu dicatat, opsi ini tidak menampilkan siapa yang mengakses akun kamu, melainkan perangkat yang digunakan beserta lokasi saat mengaksesnya. 

 

3 dari 3 halaman

Ambil Tindakan

Jika di riwayat tersebut ada perangkat yang tidak kamu kenal, bisa jadi akunmu pernah diakses orang lain. Kamu bisa langsung ambil tindakan dengan mengklik ikon dot di sisi kanan nama perangkat tersebut. 

Begitu kamu klik, akan muncul dua opsi Not You? atau Log Out. Kamu bisa memilih opsi kedua untuk keluar dari perangkat yang tidak dikenal tersebut. Jika kamu memilih opsi Not You?, kamu akan diarahkan pada pengecekan akun dan penggantian password.

(Cas/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.