Sukses

5 Gim Paling Laris di Dunia Sepanjang Masa

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri, industri gim video saat ini sedang melonjak naik dan menjadi salah satu bentuk hiburan terbesar di dunia dengan estimasi pendapatan tahunan sebesar US$ 100 miliar dan terus meningkat.

Merangkum informasi dari berbagai sumber, Tekno Liputan6.com menyajikan daftar waralaba gim yang penjualannya terlaris sepanjang masa.

Penasaran waralaba gim apa saja yang masuk ke dalam daftar kali ini? Simak daftar lengkapnya berikut ini.

5. Grand Theft Auto

Dibuat pertama kali oleh David Jones dan Mike Dailly pada 1997, Take-Two Interactive untung besar dengan waralaba Grand Theft Auto (GTA).

Diketahui, seri teranyar GTA, yakni GTA V hingga saat ini sudah terjual 75 juta kopi sejak dirilis pada 2013. Tak hanya itu, gim ini masih jadi salah satu gim paling laris penjualannya di konsol meski sudah empat tahun lamanya.

Gameplay Grand Theft Auto V (GTAV).

Sejak gim pertama GTA dirilis pada tahun 1997, semua versi gim dari gabungan waralaba GTA hingga saat ini sudah terjual sebanyak 240 juta kopi.

4. Call of Duty

Mengingat kepopuleran gim  bergenre first person shooter (FPS) di kalangan gamer dunia, tak mengherankan jika waralaba Call of Duty (CoD) masuk ke dalam daftar ini.

Activision dan Infinity Ward umumkan tanggal dirilisnya Call of Duty: Infinite Warfare. (gamespot)

Pertama kali dirilis pada 2003, seri CoD sudah terjual hingga 250 juta unit di beberapa negara. Meski seri terakhir CoD mengusung tema sci-fi cukup mengecewakan, namun penjualan gim ini masih melampaui angka penjualan Battlefield 1 milik EA.

 

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Pokemon

Pokemon Company mengawali usahanya pada 1998 lewat investasi dari tiga perusahaan, di mana salah satunya adalah Nintendo.

Pokemon Go. (Sumber: Gameranx)

Meski waralaba Pokemon berawal dari gim video, tapi saat ini waralaba tersebut sudah melebarkan sayapnya dengan mencakup komik, film animasi hingga toko resmi.

Diketahui, seri gim Pokemon sudah terjual sebanyak 280 juta unit hingga saat ini.

2. Tetris

Dibuat oleh Alexey Pajitnov pada 6 Juni 1984, Tetris sudah dirilis ke seluruh gaming platform yang ada, mulai dari Commodore 64 hingga iOS dan Android.

Tetris. (Doc: Gamerant)

Dibuat oleh Alexey Pajitnov ketika bekerja di Computer Center of the Academy of Sciences of USSR pada 1984, nama Tetris berasal dari kata Yunani "tetra" (yang artinya empat) dan "tenis", olahraga favorit Pajitnov.

Hingga kini, Tetris sudah terjual hingga 496 juta kopi di seluruh dunia. Sebuah angka penjualan yang sangat menakjubkan untuk gim puzzle sederhana, tetapi menantang koordinasi mata, otak, dan jari pemainnya.

2 dari 3 halaman

1. Mario

Bagi kebanyakan gamer yang sudah beranjak dewasa bermain konsol-konsol lawas seperti Nintendo Entertainment System (NES) dan Super Nintendo Entertainment System (SNES) pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter yang satu ini.

Pertama kali muncul pada 1981-an, Nintendo langsung mendulang keuntungan luar biasa dari Mario. Terbukti, sejak kemunculannya pertama kali hingga sekarang, waralaba Mario ini telah terjual hingga 528,5 juta kopi.

Perubahan Mario dari masa ke masa (sumber: bloomberg.com)

Seakan tak ingin berhenti dan puas diri diangka tersebut, Nintendo pun akan merilis gim terbaru Mario untuk konsol Switch dengan judul Super Mario Odyssey.

Lewat konsol dan petualangan baru Mario tersebut, Nintendo seakan ingin memperkenalkan karakter multitalenta ini ke generasi gamer yang lebih baru lagi.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Wow, Remaja Pemain Overwatch Dapat Gaji Rp 2 Miliar per Tahun
Artikel Selanjutnya
Siapa Terhebat di MotoGP Inggris, Rossi atau Lorenzo?