Sukses

Google Rayakan Ulang Tahun ke-308 Samuel Johnson, Siapa Dia?

Hari ini, laman muka pencarian Google menampilkan animasi doodle dengan ilustrasi sebuah kamus dengan foto pria bernama Samuel Johnson.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, Senin (18/9/2017), laman muka pencarian Google menampilkan sebuah animasi doodle dengan ilustrasi sebuah kamus berhiaskan foto pria bernama Samuel Johnson.

Doodle ini dibuat Google untuk merayakan ulang tahun Samuel Johnson ke-308. Samuel Johnson, atau yang biasa dikenal dengan Dr. Johnson, menjadi sosok terpopuler di Inggris pada abad ke-18 berkat kontribusinya dalam perkembangan sastra Ingrris.

Lahir pada 1709, sosok yang dikenal sebagai penyair, penulis esai, kritikus, penulis biografi, serta leksikografer (ahli perkamusan) ini menghabiskan waktu selama 9 tahun mengerjakan salah satu karya terbesarnya, yakni kamus yang bernama A Dictionary of the English Language.

Diketahui, kamus buatan Johnson dianggap sebagai kamus bahasa Inggris terbaik dan terlengkap sebelum akhirnya kamus Oxford English Dictionary selesai dibuat pada 1928.

Meski menjadi sosok terkenal dan berpengaruh di dunia sastra Inggris berkat kamus buatannya yang diterbitkan pada 1755, perekonomian dan kehidupan pribadi Samuel Johnson ternyata tak seindah yang dikira. Semasa hidupnya, Johnson harus berjuang dengan kecanduannya terhadap alkohol dan wanita.

Samuel Johnson mengembuskan nafas terakhirnya pada 13 Desember 1784. Sebagai bentuk penghormatan kepada penyusun kamus yang mendedikasikan hidupnya bertahun-tahun, Google mempersembahkan animasi doodle hari ini.

(Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.