Sukses

Dijual Rp 13 Juta, Ini Total Harga Komponen iPhone X

Liputan6.com, Jakarta - Sepuluh tahun kehadiran iPhone dirayakan oleh Apple dengan merilis iPhone X. Di antara ketiga iPhone yang dirilis bersamaan, 12 September 2017, iPhone X merupakan seri yang paling diunggulkan.

iPhone X sendiri dianggap sebagai masa depan dari sebuah smartphone sekaligus lompatan besar bagi seri iPhone yang ada saat ini.

Saking spesialnya, iPhone X yang masa pre-order-nya dilakukan mulai 27 Oktober ini dibanderol dengan harga termurah US$ 999 atau sekitar Rp 13 jutaan. Namun, apa iya total harga seluruh komponen smartphone teranyar Apple ini semahal itu?

Tampaknya hal ini terjawab dengan sebuah investigasi yang dilakukan oleh seseorang dari industri smartphone di Tiongkok. Yang paling mengejutkan, ternyata harga komponen-komponen iPhone X jauh lebih rendah dibandingkan banderol harga iPhone X.

Mengutip GSM Arena, Senin (18/9/2017), harga total komponen iPhone X diduga hanya US$ 412,75 atau Rp 5,5 jutaan. Dengan demikian, harga seluruh komponen iPhone X 60 persen lebih murah dibandingkan harga jualnya.

Berdasarkan rincian harga per komponen iPhone X, komponen yang paling mahal adalah layar OLED yang diproduksi oleh Samsung, yakni US$ 86 (sekitar Rp 1,4 jutaan) per unit.

Sementara, komponen lain yakni memori NAND berkapasitas 256GB dibeli dari Toshiba seharga US$ 45 (sekitar Rp 600 ribuan). RAM 3GB yang tersemat pada iPhone X dibeli seharga US$ 24 (sekitar Rp 320 ribuan) per unit.

Kinerja iPhone X ditunjang dengan chipset A11 Bionic yang dikembangkan oleh TSMC dengan teknologi 10nm process. Per unitnya, chipset A11 Bionic dijual US$ 26 (sekitar Rp 346 ribuan). Lain lagi dengan modem pada iPhone X yang dibeli dari Qualcomm dengan harga US$ 18 (sekitar Rp 240 ribuan).

Adapun komponen sensor 3D yang dipakai pada iPhone X harganya US$ 25 (sekitar Rp 333 ribuan). Sementara, kaca di panel depan iPhone X dibanderol US$ 18 (sekitar Rp 240 ribuan).

Satu hal yang perlu diperhatikan, walaupun harga seluruh komponen iPhone X terbilang sangat murah dibandingkan harga jualnya, harga tersebut belum termasuk dengan biaya produksi, logistik, dan yang paling terpenting upaya riset dan pengembangan yang dilakukan Apple untuk membuat iPhone X.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.