Sukses

Inilah Prosesor Smartphone Terpopuler 2017

Liputan6.com, California - Bicara soal prosesor  smartphone, sudah pasti vendor menjagokan chip besutannya masing-masing. Kini ada begitu banyak prosesor besutan sejumlah perusahaan teknologi yang digunakan pada smartphone Android terpopuler.

Sebutlah Qualcomm, Samsung, Mediatek, hingga vendor smartphone itu sendiri; Xiaomi dengan Surge, Huawei dengan Kirin, Apple dengan A series, dan masih banyak lagi.

Nah, dari semua yang disebutkan, prosesor mana yang paling populer hingga kuartal kedua 2017 ini?

Berdasarkan data yang disampaikan perusahaan analis DeviceAtlas, prosesor yang paling terpopuler--setidaknya hingga sekarang, adalah prosesor besutan Qualcomm. Jika dijabarkan secara detail, prosesor 'idaman' pengguna tak lain adalah Snapdragon 410.

Jika dikaji lebih sempit ke wilayah Amerika Serikat dan Inggris, prosesor besutan Apple justru jadi pemenangnya. Sementara, prosesor besutan Qualcomm yakni Snapdragon 820 malah menduduki peringkat ke-4.

Soal kartu grafis atau GPU (Graphic Processing Unit), Adreno jadi jagoannya. Namun, di wilayah Amerika Serikat (AS) dan Inggris, GPU PowerVR besutan Imagination Technologies masih menguasai. Diketahui, PowerVR adalah GPU yang digunakan di iPhone.

1 dari 2 halaman

Melibatkan 10.000 Situs Web

Device Atlas sendiri meneliti trafik lebih dari 10.000 situs web yang sering digunakan pengguna untuk mencari data smartphone, terkait spesifikasi dan dapur pacu. Karena itu, mereka bisa menyimpulkan prosesor mana yang paling banyak dicari.

Dari data itu pun, DeviceAtlas mengklaim Android masih menjadi sistem operasi paling populer dengan pangsa pasar sekitar 60 persen. Demikian dikutip Gizmochina, Selasa (19/9/2017).

Namun demikian, data tersebut hanya diambil berdasarkan dari smartphone yang mengakses situs. Sebab, IDC justru mengklaim pangsa pasar Android yang sebenarnya masih ada di atas 80 persen. 

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3: Tips Maksimalkan Speaker iPhone Paling Dicari
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Hadirkan Redmi 4A Versi RAM 3GB dan ROM 32GB