Sukses

Google Rayakan Ulang Tahun ke-100 Amalia Hernandez, Siapa Dia?

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna internet pasti sudah melihat tampilan laman pencarian Google, Selasa (19/9/2017). Ya, hari ini tampilan Google Doodle tampak semarak dengan beberapa penari yang mengenakan pakaian berwarna warni. Ada perayaan apa?

Rupanya Google turut merayakan ulang tahun ke-100 Amalia Hernandez. Siapa dia? Mengutip The Independent, Hernandez adalah seorang duta untuk kebudayaan Meksiko.

Perempuan kelahiran 19 September 1917 ini juga merupakan seorang penari dan koreografer tarian. Pada masa mudanya, Hernandez sangat menyukai seni dan tarian. Ia juga sempat mengajar tarian modern di Institut Seni Rupa. Seiring perjalanan hidupnya, ia mulai fokus ke tarian tradisional Meksiko.

Kemudian, Amalia Hernandez menggabungkan tarian-tarian tradisional Meksiko dengan gerakan koreografer serta menciptakan gaya tarian yang baru yang dikenal sebagai baile folkrorico.

Pada 1952, dia membentuk Ballet Folkrorico de Mexico dan menggunakannya untuk membagikan budaya Meksiko kepada dunia. Pertunjukkan tari ini dimulai hanya dengan delapan penari, tetapi seiring berjalannya waktu sudah ada lebih dari 300 penari yang bergabung.

Dua tahun setelah dibentuk, petunjukan ini tampil di televisi, dilanjutkan dengan tayangan mingguan. Kesuksesan tersebut juga memungkinkan Amalia Hernandez dan para penari melakukan tur ke Amerika Utara dan mewakili Meksiko dalam Pan American Games di 1959.

Potret Amalia Hernandez, wanita yang ada di Google Doodle, 19 September 2017 (Sumber: The Independent)

Hebatnya, Ballet Folkrorico de Mexico masih melakukan pertunjukan hingga hari ini. Hernandez tetap terlibat di pertunjukkan ini hingga meninggal dunia pada 2000. Pertunjukan ini kemudian diasuh oleh anak perempuan dan cucunya.

Atas pengabdian dan pencapaiannya dalam melestarikan kebudayaan, khususnya tarian tradisional Meksiko, Hernandez diingat sebagai duta kebudayaan Meksiko dan Google pun turut merayakan ulang tahunnya yang ke-100.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Sudah Lulus SMA, Kapan El Rumi Berangkat ke London untuk Kuliah?
Artikel Selanjutnya
Amora Ultah Ke-6, Krisdayanti Hanya Siapkan Nasi Tumpeng?