Sukses

Tez, Aplikasi Dompet Digital dari Google

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali memperkenalkan layanan baru besutannya. Kali ini, perusahaan tersebut meluncurkan sebuah aplikasi sejenis dompet digital yang diberi nama Tez.

Aplikasi yang baru meluncur di India ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan akun bank miliknya dengan smartphone. Nantinya, para pengguna dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan beragam transaksi.

Dilansir Tech Crunch, Jumat (22/9/2017), Google memperkenalkan teknologi berbasis suara dalam layanan ini. Teknologi bernama AudioQR ini menggunakan suara ultrasonik untuk berkirim uang, sehingga tak lagi mengandalkan NFC.

Google menjamin teknologi ini mampu mengirimkan uang antarperangkat dengan aman. Meski tak sepenuhnya baru, ini kali pertama raksasa internet tersebut menggunakan teknologi suara untuk layanan pembayaran.

Sebelumnya, teknologi ini juga telah hadir di Chromecast sejak 2014. Lewat teknologi ini, proses perpindahan informasi antar perangkat dilakukan dengan suara ultrasonik.

"Berkirim uang ke anggota keluarga atau berbagi tagihan dengan teman. Untuk seluruh pembayaran, baik besar atau kecil, kamu dapat langsung melakukannya dengan Tez," tulis Google dalam deskripsi layanan ini.

Namun perlu diketahui, Tez bukanlah dompet digital yang dapat diisi saldo terlebih dulu. Aplikasi ini hanya menghubungkan akun bank pengguna dengan perangkat agar dapat digunakan untuk sejumlah pembayaran.

Untuk saat ini, Tez sudah meluncur untuk pengguna Android dan iOS di India. Persahaan itu bekerja sama dengan sejumlah bank kenamaan di negera tersebut dalam menjalankan layanan ini.

Meski baru meluncur di India, Google dilaporkan telah berencana untuk memperluas kehadiran layanan ini di negara Asia lain, termasuk Indonesia dan Filipina. Hal ini diketahui dari bocoran logo dagang layanan yang didaftarkan.

Akan tetapi, belum dapat dipastikan kapan aplikasi ini akan melenggang di Tanah Air. Karenanya, menarik untuk mengetahui apakah layanan ini nantinya akan benar-benar menyambangi pengguna di Indonesia.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
Google Bakal Sertifikasi Perangkat Android Bebas Malware