Sukses

Dassault Systemes Ajak Pemprov Jatim Bangun Kota Masa Depan

Dassault Systemes mengajak kolaborasi Pemprov Jatim untuk membangun kota masa depan dengan menggunakan produk inovasi 3D.

Liputan6.com, Jakarta - Dassault Systemes mengajak kolaborasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) untuk membangun kota masa depan dengan menggunakan produk inovasi 3D.

Hal tersebut disampaikan Executive Vice President, Global Affairs and Communities, Dassault Systèmes, Philippe Forestier saat menggelar konferensi pers 3DExperience Forum Indonesia di Surabaya, Selasa (19/8/2017) kemarin.

Executive Vice President, Global Affairs and Communities Dassault Systèmes, Philippe Forestier menuturkan, kegiatan yang mengusung tema “Sustainable Urban Solutions for Cities of the Future” ini digelar untuk memberikan kesempatan bagi pejabat pemerintah, pemimpin bisnis, perusahaan, dan pakar industri berkumpul guna berbagi pengetahuan serta mendapatkan informasi mengenai peluang dari teknologi 3D.

"Diajang 3DExperience Forum ini, kami memberikan berbagai informasi mengenai inovasi terbaru, mulai cara digitalisasi meningkatkan transformasi bisnis, penggunaan teknologi 3D untuk menghubungkan orang, ide, solusi, dan data," tuturnya kepada Tekno Liputan6.com.

Dia menjelaskan, kemudian bagaimana mewujudkan kota cerdas dan perencanaan kota, pelatihan virtual untuk penambangan sumber daya, manufaktur digital, visualisasi 3D dalam pabrikan aditif, hingga simulasi mendalam untuk kegiatan minyak dan gas.

"Dan pengalaman visual mendalam untuk pengoperasian serta perawatan dalam fasilitas proses," ucapnya.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Provinsi Jatim, Agus Heru Widodo mengatakan, konsep yang ditawarkan Dassault Systèmes, yakni perusahaan 3DExperience yang fokus di 3D Digital Mock Up dan solusi Product Lifecycle Management (PLM) di dunia sangat memungkinkan untuk diterapkan kota/kabupaten di Jawa Timur seperti Surabaya, Malang, dan Mojokerto.

Dengan adanya sistem atau teknologi ini, diharapkan bisa membantu pemerintah dalam merancang konsep pembangunan kota atau daerah yang benar.

“Harapan kita konsep yang ditawarkan perusahaan ini bisa sama dengan konsep yang sekarang dijalankan pemerintah, mengingat saat ini Jatim terus mengalami pertumbuhan khususnya di kota besar,” ujar Agus.

Untuk diketahui, diskusi panel diadakan sebagai bagian dari konferensi ini dan difokuskan pada “Membangun Kota Berbasis Data” dan “Masa Depan Sektor Energi Indonesia”.

Tujuannya, membawa pemimpin industri, pemangku kepentingan, dan para ahli bersama-sama mengeksplorasi tantangan yang dihadapi para pebisnis dan masyarakat di Indonesia, serta peluang yang dibawa oleh disrupsi digitalisasi dan teknologi.

Selain itu, ada juga sejumlah produk inovasi 3D yang dipamerkan di 3DXperience, diantaranya adalah sebagai berikut : Ready 2 Use Program, Additive Manufacturing, 3D Lean, Digital Continuity Between Enginering, Solidworks, Oil and Subsurface, 3DExperiencity, Quintiq, 3DExperience Platform dan Virtual Plant Model.

(Dian Kurniawan/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.