Sukses

Steam Dibanjiri Review Bombing, Valve Ambil Tindakan

Kalimat rasis Youtuber asal Swedia, PewDiePie, saat live streaming gim Firewatch memicu Review Bombing di Steam.

Liputan6.com, Jakarta - Distributor gim online, Steam tengah mengalami masalah. Situs web mereka dibanjiri dengan Review Bombing atau penulisan kritik yang tidak berhubungan dengan gim dalam jumlah yang banyak. Namun hal ini terjadi bukan tanpa sebab.

Bagi yang belum tahu, baru-baru ini Youtuber ternama asal Swedia, Felix "PewDiePie" Kjellberg mengucapkan kalimat rasis yang mengacu pada ras kulit hitam saat live streaming Firewatch.

Pengembang Firewatch pun tak tinggal diam. Mereka mendesak YouTube agar menghapus konten live streaming tersebut. Hal ini menimbulkan reaksi beragam di kalangan gamer, salah satunya adalah melakukan Review Bombing Firewatch di Steam.

Untuk mengatasinya, seperti dikutip dari Game Spot, Rabu (20/9/2017), Valve langsung menghapus Review Score sehingga pengguna hanya melihat review dalam bentuk tertulis. Selain itu Valve menghadirkan histogram yang berisi rasio positif atau negatif dari sebuah gim.

Selain memudahkan gamer dalam menilai kualitas gim, histogram ini juga diharapkan mengurangi pengguna Steam yang melakukan Review Bombing.

Dalam kesempatan berbeda, PewDiePie sudah meminta maaf atas kejadian tersebut dan mengaku mulutnya 'terpleset' saat itu. Ia sadar ia mengatakan hal yang salah dan berjanji untuk lebih baik lagi di waktu mendatang.

(Theofilus Ifan Sucipto/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Valve Corporation atau sebagai Valve Software, adalah pengembang permainan video Amerika, penerbit, dan perusahaan distribusi digital.

    Valve

  • Steam