Sukses

Bos Facebook Akan Jual Saham Senilai Rp 170 Triliun untuk Amal

Liputan6.com, Jakarta - Bos Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan berencana untuk menjual saham Facebook dan hasil penjualannya akan disumbangkan untuk amal.

Tidak tanggung-tanggung, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari CNBC, Minggu (24/9/2017), jumlah saham yang akan dijual Zuckerberg antara 35-75 juta lembar saham atau sekitar US$ 6 miliar hingga US$ 12,8 miliar atau sekitar Rp 80 triliun-170 triliun.

Adapun penjualan puluhan juta lembar saham itu akan dilakukan hingga 18 bulan ke depan. Niat ayah dua anak ini menjual jutaan lembar saham diungkapkan dalam pengajuan surat berharga Facebook pada Jumat lalu.

Hasil penjualan saham itu akan digunakan untuk mendanai inisiasi filantropi Mark Zuckerberg dan istrinya, Chan Zuckerberg Initiative.

Dalam pengajuan surat berharga tersebut, perusahaan jejaring sosial raksasa itu juga menyebut akan membatalkan rencana penerbitan saham baru. Padahal kalau hal tersebut dilakukan, Zuckerberg bisa mempertahankan jumlah kepemilikan saham sekaligus meraup dana tambahan.

Sebelumnya, investor Facebook menuntut untuk menghentikan rencana tersebut, tetapi rencana itu telah diselesaikan pada Jumat. Zuckerberg juga dijadwalkan untuk bersaksi dalam kasus tersebut minggu depan.

Sekadar diketahui, pada penutupan bursa per Jumat, nilai saham Facebook per lembarnya seharga US$ 170,54 (sekitar Rp 2,2 juta). Namun nilai saham tersebut menurun setelah pengumuman penjualan saham Facebook dilakukan.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
PT PP Raih Kontrak Baru Rp 21,8 Triliun hingga Juli 2017
Artikel Selanjutnya
Bumi Resources Perpanjang Penukaran Utang Jadi Saham