Sukses

Komputer Apple-1 dan Tanda Tangan Steve Jobs Dilelang, Harganya?

Komputer rakitan pertama Apple-1 dan sebuah majalah bertanda tangan Steve Jobs dilelang untuk merayakan sejarah Apple. Berapa harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah merayakan 10 tahun iPhone melalui peluncuran iPhone X. Tidak hanya merayakan iPhone, perusahaan tersebut juga akan merayakan kesuksesan Apple melalui sebuah lelang produk konsumen pertama, yakni komputer pertama Apple-1. Proses lelang dilakukan oleh RR Auction.

Executive Vice President RR Auction Bobby Livingston mengatakan, komputer Apple-1 yang dilelang itu merupakan milik mantan karyawan Apple bernama Adam Schoolsky yang dijual pada donor lelang sekaligus kolektor komputer David Larsen. Larsen membeli komputer tersebut dengan harga US$ 3.500 (sekitar Rp 46 juta) pada 1955.

Sebagaimana dikutip Phone Arena, Senin (25/9/2017), perangkat tersebut berharga US$ 700 ribu (sekitar Rp 9,3 miliar) dan saat ini komputer jadul tersebut ditawar dengan nilai US$ 155 ribu (sekitar Rp 2 miliar). Adapun penawaran terakhir akan berakhir pada Selasa sore, 26 Desember 2017.

Dahulu, Steve Wozniak bersama tim Apple membuat 200 unit papan chip Apple-1, saat ini hanya 60 unit komputer yang tersisa.

Kelengkapan lain yang dilelang bersama Apple-1 adalah buku petunjuk asli, tag harga, kotak asli, dan penyimpanan kaset. Benda-benda ini dianggap sebagai bagian dari sejarah Apple.

Majalah NewsWeek dengan gambar sampul Steve Jobs (Sumber: Ubergizmo)

Tidak hanya komputer Apple-1 yang dilelang, perusahaan juga melelang sebuah majalah Newsweek edisi 24 Oktober 1988 dengan sampul Steve Jobs muda. Majalah tersebut hadir dengan tajuk "Mr Chips, Steve Jobs Puts The Wow Back in Computers".

Uniknya, pada sampul majalah itu juga terdapat tanda tangan Jobs dengan tulisan tangan Jobs yang berbunyi "I love manufacturing". Majalah ini diperkirakan akan mendapat tawaran antara US$ 10.000 (sekitar Rp 133 juta) hingga US$ 15.000 (sekitar Rp 200 juta).

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.