Sukses

Trik Merawat Sensor Sidik Jari Smartphone agar Tetap Awet

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi fingerprint scanner kini tak hanya tersedia pada smartphone kelas premium, tetapi juga di smartphone kelas menengah.

Dengan fingerprint scanner, keamanan ponsel pintar lebih terjamin karena pengguna tidak perlu repot memasukkan pin atau kunci pola di layar yang bisa ditebak orang lain.

Namun karena seringnya dipakai, panel pemindai fingerprint pun perlu dirawat baik-baik agar tetap awet dan berfungsi maksimal. Nah, berikut adalah lima hal yang terlarang dilakukan pada panel fingerprint, apa saja?

1. Jangan Akses Fingerprint dengan Jari Basah

Pastikan untuk tidak mengakses panel fingerprint dengan kondisi jari yang basah, sebab smartphone merupakan perangkat elektronik. Sesuatu yang basah akan membuatnya cepat rusak, termasuk jari yang basah.

Jangan akses fingerprint scanner dengan tangan basah (Sumber: Jalan Tikus)

2. Jangan Daftarkan Banyak Jari

Meskipun masing-masing smartphone bisa menyimpan lima sidik jari, disarankan agar pengguna mendaftarkan maksimal dua sidik jari saja. Hal ini dilakukan agar fingerprint smartphone kamu bisa berfungsi dengan baik.

Jangan daftarkan banyak jari di fingerprint scanner

Alasannya karena data sidik jari yang kamu daftarkan akan disimpan di memori smartphone. Makin banyak data yang kamu daftarkan tetapi sidik jari yang dipakai hanya satu atau dua, maka sensor sidik jari kamu akan menampung data yang tak penting. Oleh karena itu, disarankan agar pengguna mendaftarkan dua sidik jari.

1 dari 3 halaman

Saat Hujan

3. Jangan Gunakan Fingerprint Saat Hujan

Jari yang basah saja berbahaya bagi smartphone, apalagi memakainya saat hujan. Meski smartphone kamu tahan terhadap air, celah di tepian fingerprint scanner ternyata bisa memicu air untuk masuk dan merusak sensor di dalamnya.

Jangan gunakan fingerprint scanner saat hujan (Sumber: iStockphoto)

4. Jangan Pindai Selain Jari

Pengguna smartphone dengan teknologi fingerprint scanner sangat tidak disarankan untuk memindai bagian kulit lain selain sidik jari. Jika hal ini dilakukan fingerprint scanner dikhawatirkan mengalami malfungsi.

Ilustrasi: Fingerprint Scanner

2 dari 3 halaman

Jangan Gores Sidik Jari

5. Jangan Gores Panel Sidik Jari

Jangan pernah iseng menggoreskan benda, terutama benda tajam ke panel pemindai fingerprint. Hal ini terlarang dilakukan sebab sensor pada permukaan scanner memang dirancang khusus untuk mengenali pola khas yang ada pada jari. Jika permukaan tergores, besar kemungkinan akan membuatnya tidak bisa dipakai lagi.

Tombol Home iPhone 8 digores dengan silet (JerryRigEverything/ YouTube)

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Artikel Selanjutnya
Ketimbang iPhone, Bill Gates Lebih Pilih Android
Artikel Selanjutnya
Samsung Optimistis Galaxy Note 8 Pikat Hati Konsumen Indonesia