Sukses

Ini Smartphone Teraman di Dunia Besutan Rusia

Liputan6.com, Moscow - Saat ini, memang sudah ada beberapa smartphone dengan teknologi keamanan canggih. Salah satu yang terbaru adalah Taiga, smartphone besutan perusahaan teknologi asal Rusia, InfoWatch. Taiga diklaim sebagai smartphone paling aman di dunia. Apa yang membuatnya paling aman?

Menurut penjelasan InfoWatch, Taiga dirancang sebagai smartphone yang bisa membatasi aplikasi untuk mengakses data pribadi penggunanya.

Tak cuma data, dokumen pribadi seperti email, foto, lokasi, dan lainnya juga tidak akan diakses sama sekali. Walau demikian, aplikasi seperti Gmail bisa digunakan. Hanya, mereka tidak bisa menyimpan atau melaporkan data yang diterima pengguna.

Karena ditujukan untuk segmen tertentu, Taiga tidak dijual bebas untuk sekarang ini. Namun perusahaan mengklain, sudah ada 50.000 unit smartphone yang dilepas khusus untuk pegawai kepemerintahan Rusia.

Menurut yang dilansir Mashable via Bloomberg, Rabu (27/9/2017), Taiga berjalan dengan sistem operasi Android.

Bedanya, tampilan antarmuka smartphone ditanamkan dengan firmware besutan InfoWatch. Sayang, InfoWatch tidak mengungkap spesifikasi lebih mendalam, kecuali soal bocoran smartphone yang bakal mengusung layar 5 inci.

Juru bicara InfoWatch Alexei Nagorniy, mengatakan Taiga memiliki kemampuan untuk mengontrol informasi yang masuk via perangkat. Berkat sistem keamanan berbasis firmware Taiga System, smartphone mampu membatasi segala jenis informasi akses yang muncul di dalamnya.

Taiga sendiri diambil dari nama hutan salju di daerah Siberia dan Kanada. Ada yang menyebut, smartphone ini merupakan 'perlawanan' dari Rusia untuk Amerika Serikat (AS).

Pasalnya pada dua pekan lalu, pemerintah AS memblokir software besutan perusahaan asal Rusia Kaspersky Lab. Dan usut punya usut, pimpinan InfoWatch ternyata adalah Natalya Kasperky, co-founder dan mantan CEO Kaspersky Lab.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Xiaomi Jual 25 Juta Unit Smartphone di India
Artikel Selanjutnya
Ini Deretan Produk Anyar yang Mejeng di IFA 2017