Sukses

Tips Jitu Optimalkan Storage iPhone yang Terbatas

Tekno Liputan6.com akan berbagi solusi untuk mengatasi masalah jika media penyimpanan di iPhone sudah penuh.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak pengguna iPhone, khususnya yang membeli varian 16GB pasti sudah tak asing lagi dengan perjuangan berat agar media penyimpanan iPhone tidak penuh.

Tak tersedianya slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan iPhone, satu-satunya solusi yang dapat kamu lakukan adalah membeli iPhone dengan memori internal yang lebih besar kapasitasnya, entah yang 64GB atau 256GB.

Namun, bagaimana jika kamu tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli model iPhone dengan media penyimpanan yang lebih besar kapasitasnya?

Tanpa panjang lebar, Tekno Liputan6.com akan berbagi solusi untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi. Seperti apa? Simak lebih lengkapnya berikut ini.

1. Hapus aplikasi yang tak dibutuhkan

Salah satu cara tercepat yang bisa kamu lakukan segera adalah dengan mendata aplikasi apa saja yang sudah tidak digunakan dan menghapusnya.

2. Gunakan layanan streaming

Gunakan layanan streaming. Liputan6.com/ Yuslianson

Usahakan untuk tidak menyimpan koleksi lagu atau film favorit di dalam iPhone. Ada baiknya kamu beralih ke layanan streaming yang ada saat ini seperti Spotify, Joox, Deezear, iFlix, Hooq, atau Viu.

Meski menyedot kuota, aplikasi di atas menawarkan fitur yang memungkinkan kamu menikmati konten secara offline. Meski harus diunduh dahulu, konten tersebut dapat kamu hapus secara manual atau otomatis tanpa harus repot-repot sinkronisasi iPhone ke PC atau Mac.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Google Photos

3. Simpan foto di Google Photos

Ada baiknya foto dan video di backup k Google Photo yang kapasitasnya lebih besar ketimbang iCloud. Liputan6.com/ Yuslianson

Meski Apple menawarkan penyimpanan di cloud lewat iCloud, sayang layanan tersebut memiliki batas kuota hingga 5GB.

Sebagai solusi, ada baiknya kamu mengunduh aplikasi Google Photos. Tak hanya menawarkan pilihan storage yang lebih lega, kamu pun dapat menyimpan foto berformat kualitas tinggi.

Setelah menyimpan atau backup foto-foto di Google Photos, kamu bisa menghapus foto-foto yang tersimpan di iPhone. Yang perlu kamu lakukan adalah tap ikon di kiri atas > Settings > Manage device storage > Free up space > Delete.

4. Matikan Photo Stream

Matikan fungsi Photo Stream. Liputan6.com/ Yuslianson

Fitur Photo Stream yang ada di aplikasi Photo memang sangat berguna jika kamu memiliki beberapa perangkat iOS, karena kamu bisa mengambil foto menggunakan iPhone dan bisa dibagikan ke perangkat iOS lainnya.

Namun bila tidak, ada baiknya kamu mematikannya dengan Settings > Photos & Camera > matikan My Photo Stream.

3 dari 3 halaman

Aplikasi kamera

5. Matikan pengaturan di aplikasi Camera yang menyimpan foto asli dan HDR

Matikan pengaturan di aplikasi Camera yang menyimpan foto asli dan HDR. Liputan6.com/ Yuslianson

Fitur HDR di iPhone memang sangat membantu ketika ingin mengambil foto dengan lebih detail dalam kondisi tertentu.

Masalahnya, iPhone kamu secara otomatis disetel agar menyimpan foto non-HDR yang asli secara default, artinya kamu akan memiliki dua foto yang sama ketika fitur HDR aktif.

Untuk mengubah pengaturannya, buka Settings > Photos & Camera > dan matikan opsi Keep Normal Photos di bagian bawah.

6. Pastikan aplikasi berbasis foto tak simpan foto yang sama

Beberapa aplikasi edit foto seperti Instagram selalu menyimpan foto asli sebelum diedit menggunakan aplikasi yang disebut.

Aplikasi ini juga dapat menyimpan foto yang kamu ambil langsung menggunakan aplikasi ke dalam media penyimpanan iPhone.

Karena itu, buka aplikasi edit foto yang kamu instal di iPhone dan matikan opsi penyimpanan foto asli di iPhone kamu.

7. Bersihkan data cache di browser

Bersihkan web cache bisa bikin storage lebih lega. Liputan6.com/ Yuslianson

Entah kamu menggunakan Safari atau Chrome untuk menjelajah internet di iPhone, ada baiknya untuk rutin menghapus cache pada browser, karena bisa membuat media penyimpanan di iPhone yang terbatas makin sesak.

(Ysl/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.