Sukses

5 Keahlian yang Wajib Kamu Kuasai di Era Digital

Liputan6.com, Jakarta - Dunia kerja di era digital tak bisa dipisahkan dari teknologi. Mungkin kamu sering melakukan meeting dalam grup di aplikasi pesan instan, menerima email setiap saat, hingga bekerja di luar kantor dengan rekan kerja meskipun terpaut jarak atau berbeda negara sekali pun.

Di era digital, tentunya kamu dituntut serba cepat, kreatif, dan inovatif. Maka dari itu kamu membutuhkan sejumlah keahlian (skill) jika ingin memenangkan persaingan dan mempunyai nilai tambah yang besar di mata perusahaan.

Berikut ini lima keahlian yang wajib kamu miliki di era digital saat ini.

1. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sangat penting untuk jenjang karir kamu, terlebih saat ini banyak peralatan atau alat pendukung pekerjaan yang pengoperasiannya menggunakan bahasa Inggris.

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa mengambil kursus atau belajar sendiri di rumah menggunakan aplikasi di smartphone, salah satunya Duolingo.

2. Menulis Artikel

Keterampilan menulis dijamin akan mengubah hidup kamu. Maka dari itu, kamu perlu belajar menulis dan membuat blog. Jika kamu sudah bisa menguasai keterampilan ini, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan secara instan.

3. Tahu SEO

Keterampilan menulis juga harus dibarengi dengan kemampuan search engine optimization (SEO). Ya, dengan ini kamu bisa mengembangkan blog atau website agar mendapatkan kunjungan (trafik) besar yang berasal dari mesin pencari.

 

1 dari 2 halaman

Coding

4. Bahasa Pemrograman

Belajar coding atau bahasa pemrograman tak sesulit yang kamu bayangkan. Meskipun hanya sebatas dasar-dasar, namun keterampilan ini sangat diperlukan untuk menunjang pekerjaan kamu nantinya.

Tentu saja, kamu tidak harus belajar semua bahasa pemrograman. Kamu bisa mengambil kursus, atau belajar sendiri dari internet dan membeli buku tentang coding.

5. Edit Gambar dan Video

Kemampuan untuk menggunakan software pengolah gambar seperti Photoshop dan pengolah video seperti Adobe Premiere juga akan menjadikan kamu lebih unggul dari yang lain.

Di era teknologi ini kita dituntut menciptakan sesuatu yang kreatif. Untuk mempelajarinya, kamu bisa mengunjungi situs web yang menyediakan tutorial edit gambar dan video secara gratis.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Isk/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Penerjemah Terbaik untuk Traveler
Artikel Selanjutnya
Ubah Keterampilan Jadi Peluang Bisnis