Sukses

Smartphone Flagship yang Dirilis 2018 Bakal Dibekali Chip AI

Korea Advanced Institute of Technology memprediksi seluruh smartphone flagship yang dirilis di 2018 bakal dibekali dengan kecerdasan buatan.

Liputan6.com, Jakarta - Semua smartphone flagship yang meluncur di 2018 diprediksi bakal dibekali dengan chipset kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Hal ini berdasarkan riset dari Korea Advanced Institute of Technology.

Dilansir dari Digital Trends, Jumat (29/9/2017), profesor di Korea Advanced Institute of Technology, Yoo Hoi Jun mengatakan persaingan chipset berbasis AI semakin ketat. Ia memprediksi smartphone yang dirilis pada semester kedua 2018 bakal dipersenjatai AI.

Samsung, misalnya, dilaporkan akan memproduksi chip AI untuk kebutuhan komersial dalam waktu dekat.

Jika benar, Samsung bakal mengikuti jejak perusahaan teknologi lain yang sudah lebih dulu merancang chipset berbasis AI untuk perangkat consumer. Sebut saja Huawei, Apple, dan Microsoft.

Buktinya, Microsoft kini mulai mengganti fokus bisnis dengan mengembangkan kecerdasan buatan, sedangkan Samsung baru saja membuka pusat riset dan pengembangan di Kanada untuk kecerdasan buatan.

Apabila prediksi tentang Samsung benar, kemungkinan besar, kita akan melihat seri flagship Galaxy selanjutnya dirilis tahun hadir dengan chipset AI.

Adapun, Huawei sudah mencuri start dengan mengumumkan chipset Kirin 970, sedangkan Apple dengan chipset A11 bionik pada iPhone X.

(Cas/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.