Sukses

Selphy CP1300, Printer Foto Portabel Rp 2 Jutaan dari Canon

Meski jumlah orang yang mencetak foto menurun, printer cetak foto tidak akan tergantikan media sosial.

Liputan6.com, Maang - Memotret kini bukan hanya pekerjaan fotografer, dengan canggihnya kamera pada smartphone siapa pun bisa mengabadikan momen baik melalui kamera smartphone atau kamera poket. Namun saat ini sebagian besar foto yang sudah dijepret hanya diunggah ke media sosial atau untuk dinikmati sendiri.

Sangat sedikit orang yang masih mencetak foto dan menaruhnya di album untuk berbagi kepada orang-orang yang tak memiliki akun media sosial atau memanfaatkannya untuk dekorasi ruangan.

Melihat hal tersebut, Canon melalui distributor tunggalnya di Indonesia, pt Datascrip meluncurkan printer foto portabel Selphy seri CP 1300.

Printer foto portabel ini merupakan penerus dari produk sebelumnya Selphy CP1200. Canon Division Director pt Datascrip Merry Harun mengatakan, kehadiran printer portabel ini membuat pengguna bisa mencetak foto di mana pun dan kapan pun dengan koneksi Wifi yang lebih cepat.

"Meski jumlah orang yang mencetak foto menurun, printer cetak foto tidak akan tergantikan media sosial. Pasarnya tetap ada," kata Merry di Malang, Jawa Timur, Kamis (28/9/2017).

Meski berukuran sebesar kotak makan (lunch box), Canon mengklaim kualitas cetakan fotonya setara dengan kualitas cetakan di lab foto.

"Tiap hasil cetakan dilindungi dengan lapisan yang dapat menjaga warna cetakan tetap cemerlang, terlindungi dari debu, sidik jari, air dan mampu bertahan hingga 100 tahun," kata Marketing Manager Canon Image Communication Product Division pt Datascrip Angelie Ivone.

Selain itu menurut Angel, hasil akhir cetakan foto pun bisa dipilih mulai dari cetak glossy atau mengkilat serta hasil cetak doff. Selphy CP1300 juga bisa digunakan untuk mencetak foto kolase melalui fitur Wifi Shuffle ePrint.

Wifi Shuffle bisa menghubungkan 8 smartphone ke printer. Kemudian, 8 foto yang diterima dari perangkat yang berbeda itu dapat dikombinasikan menjadi kolase dalam satu foto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Tak hanya satu ukuran cetak, Selphy CP1300 dapat mencetak berbagai ukuran foto, misalnya ukuran 4R (kartu pos) atau dalam satu lembar 4R bisa diatur hingga 8 gambar yang sama atau berbeda, memotret untuk pas foto, hingga foto 2x6 inci seperti foto boks. Ada juga layout 2-up fixed size print untuk pencetakan foto dengan ukuran kartu kredit, di mana dalam 1 lembar 4R akan tercetak 2 foto yang sama atau berbeda.

Angel melanjutkan, dengan layar LCD 3,2 inci, pengguna akan mudah memilih foto yang akan dicetak. Selain itu, pengguna dapat mencetak foto melalui kartu memori, sambungan USB dari kamera, komputer, dan Wi-Fi.

Untuk mencetak dari smartphone atau tablet, pengguna bisa menggunakan aplikasi Canon Print/Inkjet Selphy. Aplikasi lain yang bisa digunakan adalah AirPrint (untuk iOS) dan Mopria Print Service (untuk Android).

Sekadar diketahui, proses cetak foto menggunakan printer Selphy CP1300 dapat dilakukan hanya dalam waktu semenit. Agar bisa digunakan di mana pun, Canon menyediakan baterai opsional agar printer tak perlu terhubung ke listrik.

Selphy CP1300 tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu hitam, putih dan merah muda. Produk ini dijual Rp 1,999 jutaan. Sementara untuk kertas dan tintanya dijual mulai dari Rp 300 ribuan untuk 108 kali cetak.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.