Sukses

TNI AD Bangun Jaringan WiFi di Pedesaan

Liputan6.com, Kendal - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang berada di bawah Komando Distrik Militer (Kodim) Kendal, Jawa Tengah, akan membangun Desa Jungsemi, Kangkung, selama sebulan penuh.

Dalam pembangunan ini, pihak Kodim Kendal menyiapkan koneksi internet nirkabel alias WiFi. Tujuannya untuk memudahkan prajuritĀ dalamĀ mengakses teknologi informasi dan juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Kami bekerja sama dengan Telkom untuk pemasangan WiFi di Kodim Kendal untuk memudahkan prajurit dan juga masyarakat sekitar mengakses teknologi informasi," kata Dandim 0715 Kendal Letkol Czi Hendro Edi Busono melalui keterangannya, Senin (2/10/2017).

Hal ini merupakan bagian dari program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)--tak hanya memasang WiFi--juga membantu infrastruktur jalan, memberikan wawasan kebangsaan, bela negara, dan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat.

Kodim 0715 akan melakukan pengerasan jalan sepanjang 1.550 meter di Desa Jungsemi. Pelaksanaan TMMD, tutur Hendro Edi Busono, diprioritaskan membangun sejumlah infrastruktur, seperti jalan beton sepanjang 1.550 meter x 3 meter.

"Selain itu, kami juga membuat pos kamling, bedah rumah, pembuatan gorong-gorong, dan jamban di Desa Jungsemi. Kami terjunkan ratusan personel dan juga dibantu masyarakat. Jika dalam satu bulan belum selesai, maka personel akan lembur malam hari," ia menegaskan.

Pelaksanaan TMMD ini sendiri menelan biaya sebesar Rp 1, 3 miliar. Sumber biaya yang digunakan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tingkat 1 Rp 160 juta, APBD tingkat 2 Rp 1,115 juta, dan swasembada masyarakat Rp 40 juta.

(Isk/Cas)

Saksikan video pilihan berikut ini

Artikel Selanjutnya
Kementerian PUPR Fokus Buat Kota Layak Huni
Artikel Selanjutnya
Dukung Konektivitas, Kemenhub Bangun Daerah Pinggiran