Sukses

Ini Risiko Jika Kamu Pasang Tautan Akun Instagram di Tinder

Liputan6.com, California - Tak ada yang aman di media sosial. Kalimat ini pun berlaku bagi kamu yang doyan mencari jodoh di aplikasi Tinder.

Ya, salah satu fitur tautan akun Instagram yang ada di aplikasi kencan online itu dianggap berisiko untuk keamanan penggunanya. Bagaimana bisa?

Berdasarkan laporan Mirror, Selasa (3/10/2017), fitur tautan Instagram ini memperkenankan penggunanya memasang tautan akun Instagram di profil Tinder, sehingga calon teman kencan bisa mengetahui nama pengguna Instagram.

Sayangnya, fitur tersebut sering disalahgunakan bagi orang-orang yang kerap ditolak, khususnya pengguna pria.

Modus yang cukup meresahkan ini, telah banyak dilaporkan pengguna Tinder yang menautkan akun Instagram mereka pada profilnya. Kebanyakan mengaku telah dikirim DM (Direct Message) via Instagram dari orang-orang yang mereka tolak di Tinder.

Mencari jodoh di Tinder sendiri diklaim tidak sepenuhnya aman. Pengamat sosial Dr Lauran Rosewarne mengatakan kalau menemukan pasangan lewat aplikasi memang mudah, tapi tak tertutup kemungkinan bisa menjadi korban kejahatan.

Karena itu, menurut ahli keamanan siber Susan McLean pengguna Tinder seharusnya tidak membagi informasi yang sangat pribadi seperti nama lengkap, nomor telepon, email. Saat pertama kali bertemu, juga sebaiknya dilakukan di tempat umum.

1 dari 2 halaman

Cara Mencopot Akun Instagram di Tinder

Pihak Tinder belum bisa memberikan komentar lebih lanjut terkait upaya modus tersebut. Yang pasti, jika kamu tak ingin terganggu oleh DM dari orang-orang tak dikenal, segera copot akun Instagram dari profil Tinder kamu.

Caranya mudah. Buka aplikasi Tinder, geser ke kiri dan pilih Edit Info.

Setelahnya, scroll ke bawah ke opsi "Show My Instagram Photos", lalu pilih Disconnect Instagram.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Instagram Stories Bakal Bisa Disaksikan Lewat Desktop
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips untuk Terkenal di Instagram