Sukses

5 Aplikasi yang Wajib Ada di Smartphone Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari ini sejumlah daerah di Tanah Air dilanda hujan cukup deras. Hal ini pun tentu berpengaruh pada aktivitas kamu, belum lagi rasa kesal karena banyak hal tak bisa berjalan sesuai jadwal.

Hujan memang tak bisa dihindari, tapi ada beberapa aplikasi  smartphone yang bisa memudahkan kamu menghadapi musim hujan. Apa saja?

1. Google Now

Google Now merupakan aplikasi bawaan dari smartphone Android. Jika kamu menyadari, Google Now selalu memberikan berbagai informasi sesuai dengan lokasi kamu. Misalnya saja prakiraan cuaca, kondisi jalanan, serta membuat rekomendasi terbaik dari tiap pertanyaan kamu.

Tidak hanya bisa digunakan oleh pengguna Android, pengguna perangkat berbasis iOS juga bisa mengaksesnya melalui Google Chrome.

	Aplikasi Google (Sumber: Google Play Store)

2. Prakiraan Cuaca

Aplikasi lain yang penting ada di smartphone adalah aplikasi prakiraan cuaca dan bencana. Aplikasi semacam ini cukup penting, contohnya saat kamu hendak melakukan aktivitas di luar rumah, kamu bisa langsung mengecek keadaan cuaca.

Aplikasi prakiraan cuaca AccuWeather (Sumber: Google Play Store)

Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan apa yang perlu dibawa saat hujan, misalnya jas hujan atau payung.

Beberapa aplikasi prakiraan cuaca yang bisa kamu install, di antaranya adalah AccuWeather, Info BMKG, hingga Siaga Banjir untuk mengetahui kondisi jalanan yang kamu lewati setelah hujan.

 

1 dari 3 halaman

Aplikasi Transportasi Online

3. Aplikasi Transportasi Online

Layanan transportasi online kini seolah menjadi kebutuhan utama bagi warga kota besar di Indonesia. Kamu bisa mengunduh aplikasi seperti Go-Jek, Grab, atau Uber untuk memudahkan perjalananmu saat hujan, terutama aplikasi taksi online. 

Aplikasi Transportasi GrabBike

4. Peta dan Navigasi

Bagi kamu yang beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor atau mobil, aplikasi peta dan navigasi bisa menjadi sangat penting untuk menghindari kemacetan di jalan.

Ilustrasi Google Map

Kamu bisa memasang aplikasi seperti Google Maps atau Waze untuk mencari informasi rute tercepat menuju tujuan, jalan alternatif, kondisi lalu lintas, serta halangan seperti banjir yang menyebabkan kemacetan.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Media Sosial

5. Aplikasi Media Sosial

Aplikasi media sosial tidak hanya bisa digunakan untuk eksis di dunia maya dan terhubung dengan teman-teman. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi penting dari media sosial.

Misalnya saja di Twitter. Di sini kamu bisa memantau wilayah-wilayah mana saja yang sedang dilanda hujan dan yang macet karena hujan.

Ilustrasi Twitter (Liputan6.com/Sangaji)

(Tin/Isk)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

 

Artikel Selanjutnya
BlackBerry Segera Rilis Smartphone dengan Fitur Tahan Air
Artikel Selanjutnya
187 Ribu Aplikasi iPhone Terancam Tak Bisa Berjalan di iOS 11