Sukses

Pertama Kali, Oreo Nongol di Daftar Distribusi Android

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi (OS) Android 8.0 Oreo perlahan tapi pasti mulai menunjukkan pamornya. OS mobile terbaru itu kini telah memiliki persentase yang cukup untuk bisa tampil dalam daftar distribusi perangkat Android.

Dilansir Phone Arena, Selasa (3/10/2017), berdasarkan data yang dikumpulkan selama sepekan dan berakhir pada 2 Oktober 2017, versi OS 8.0 Oreo digunakan oleh 0,2 persen perangkat Android. Oleh karena itu, data Oreo tampil di daftar distribusi Android di situs web developer Google.

Sebelumnya, Google tidak mencantumkan data Android Oreo karena jumlah distribusinya masih kurang dari 0,1 persen. Hal ini disebabkan belum begitu banyak perangkat mobile yang menggunakan OS tersebut.

OS Android Oreo sudah digunakan pada 0,2 persen perangkat Android (Foto: Ist)Sejumlah perangkat Pixel dan Nexus memang sudah mendapatkan pembaruan ke Android Oreo, tapi jumlahnya pada bulan lalu masih kurang dari 1 persen. Seiring waktu akan semakin banyak perangkat yang menggunakan OS tersebut.

Pixel 2 dan Pixel 2 XL akan segera hadir pada bulan ini dan langsung meluncur dengan Android Oreo. Setelahnya, Huawei Mate 10 juga akan meluncur dengan OS yang sama.

Adapun saat ini, Marshmallow memimpin perangkat Android dengan 32 persen pangsa pasar. Posisi kedua ditempati Lollipop dengan 27,2 persen, diikuti Nougat yang berada di posisi berikutnya dengan 17,8 persen pangsa pasar.

Posisi empat dan lima besar ditempati oleh Android KitKat dengan 14,5 persen dan Jelly Bean dengan 6,6 persen. Adapun Android Ice Cream Sandwich dan Gingerbread memiliki masing-masing 0,6 persen pangsa pasar.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Artikel Selanjutnya
Top 3: Harga Konsol PS4 Gran Turismo Sport Paling Hits
Artikel Selanjutnya
Top 3: Kiprah Vendor Smartphone Lokal di Indonesia Paling Hits