Sukses

Hati-Hati, Ini 5 Dampak Negatif Keseringan Main Facebook

Terlalu sering menghabiskan waktu di Facebook ternyata berpotensi mengalami 5 dampak negatif di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Per Juli 2017, Facebook memiliki lebih dari 115 juta pengguna di Indonesia. Artinya, cukup banyak orang Indonesia yang memiliki akun Facebook.

Orang Indonesia pun dikenal ramah saat menggunakan Facebook. Data Facebook Indonesia mengungkap jumlah pertemanan orang Indonesia di Facebook cukup tinggi, di mana mereka punya teman dua kali lipat dibandingkan pertemanan pengguna di dunia.

Selain itu, orang Indonesia juga gemar mengunggah sesuatu di Facebook dengan jumlah unggahan tiga kali lipat dibanding pengguna lainnya. Komentar yang diunggah pun tiga kali lipat dibanding pengguna lainnya.

Dengan kata lain, pengguna Facebook di Indonesia terbilang aktif menghabiskan waktunya di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Tapi tahukah kamu, keseringan main Facebook juga memberikan dampak buruk. Berikut lima (5) dampak negatif Facebook sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Tech Faq, Rabu (4/10/2017).

1. Informasi Pribadi Mudah Diketahui Pencari Tenaga Kerja

Tak sedikit pengguna Facebook yang terbiasa mengunggah berbagai hal di Facebook, termasuk informasi pribadi. Tahukah kamu informasi ini bisa digunakan oleh pencari tenaga kerja (recruitment). Bahkan atasan kantor bisa menilai kepantasan kamu sebagai karyawan.

Hati-hati jika ada foto yang tak pantas dilihat. Hal tersebut bisa membuat penilaian terhadap kamu negatif. Untuk itu pastikan selalu menerapkan pengaturan privasi yang ketat di akun Facebook kamu.

biasanya bos akan memperlihatkan gerak gerik tertentu apabila ada pegawai yang sukses membuatnya kagum di kantor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potensi Perselingkuhan

2. Potensi Perselingkuhan

Pengguna pasti tahu betapa mudahnya untuk terkoneksi dengan orang yang dikenal melalui akun Facebook, termasuk dengan mantan kekasih. Hati-hati, kontak dengan mantan kekasih berpotensi membuat hubungan yang dulu pernah ada bersemi kembali atau CLBK.

Jika tak ingin hal itu terjadi, pastikan kamu membatasi berbagai hal yang berkaitan dengan mantan kekasih. Apalagi kalau sekarang kamu dan mantan kekasih sudah memiliki pasangan masing-masing.

Ingin tahu tipe orang seperti apa yang cenderung selingkuh? Simak ini. (iStockphoto)

3. Ketagihan Main Gim Online di Facebok

Facebook tidak hanya dipakai untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman, tapi juga untuk bermain banyak gim online. Nah, bagi kamu yang gemar main gim online di Facebook jangan sampai ketagihan.

Ilustrasi: Gim Farmville

3 dari 3 halaman

Stres Berat dan Depresi

4. Stres Berat dan Depresi

Saat pengguna terlalu banyak menghabiskan waktu di Facebook mereka lebih sering melihat unggahan milik orang lain.

Alih-alih menyenangkan, tak jarang unggahan orang lain justru membuat pengguna memiliki sifat cemburu hingga membandingkan kehidupan pribadinya dengan orang lain. Tentunya hal ini berpotensi menyebabkan stres berat dan depresi.

Facebook ternyata bisa menyebabkan depresi (Ilustrasi)

5. Mempengaruhi Pertemanan di Dunia Nyata

Orang yang keseringan menghabiskan waktunya di Facebook cenderung lebih sering berinteraksi dengan sesama pengguna Facebook. Dengan demikian, pada titik tertentu mereka berhenti berinteraksi dengan banyak orang yang ada di dunia nyata dan memilih terus terhubung dengan sesama pengguna Facebook.

Kecanduan telah membuat pengguna lebih sering berbalas komentar dibandingkan mengangkat telepon atau mengobrol dengan orang yang ada di sekitarnya. Tentunya ini bisa merusak hubungan, bahkan menimbulkan perselisihan.

Ilustrasi main smartphone | Via: wooderice.com

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.