Sukses

Samsung Bakal Dulang Lebih Banyak Uang dari iPhone X

Nilai yang didapat Samsung dari iPhone X disebut-sebut akan melebihi nilai dari pendapatan dari Galaxy S8.

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan iPhone X ternyata tak hanya memberi dampak bagi Apple selaku perusahaan pembesut. Perusahaan lain yang bertindak sebagai penyedia komponen pun mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut.

Salah satunya adalah Samsung. Menurut laporan terbaru dari The Wall Street Journal, perusahaan asal Korea Selatan itu bisa memperoleh setidaknya US$ 110  atau sekitar Rp 1,5 juta dari tiap iPhone X yang dijual Apple.

Namun untuk informasi, Samsung yang dimaksud merupakan perusahaan secara keseluruhan dan bukannya Samsung Electronics, pembesut perangkat konsumer. Dalam hal ini, Samsung mendulang penghasilan dari divisi penyedia komponen layar.

Dikutip dari The Verge, Selasa (3/10/2017), penghasilan yang didapatkan Samsung dari penjualan layar itu mencapai US$ 4 miliar. Jumlah itu bahkan melampaui pendapatan dari penjualan komponen untuk Galaxy S8.

Apalagi, Apple disebut-sebut akan mendorong penjualan iPhone X lebih masif ke pasaran. Hal itu tentu akan memengaruhi hasil dari penjualan komponen layar ke perusahaan asal Cupertino tersebut.

Pencapaian ini wajar mengingat Samsung menjadi satu-satunya perusahaan yang memproduksi layar OLED, NAND flash, dan chip DRAM yang dibutuhkan Apple untuk membuat iPhone. 

Terlebih, jumlah pesanan komponen Apple untuk iPhone terbilang sangat besar dan berpengaruh pada pendapatan Samsung sebagai perusahaan. Menurut laporan, pendapatan Samsung ternyata 35 persen berasal dari penjualan ke Apple.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.