Sukses

5 Fitur Android yang Tak Banyak Diketahui Pengguna

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone Android kini jadi perangkat yang kian cerdas seiring dengan dikembangkannya berbagai teknologi di dalamnya, demikian juga dengan fitur di dalamnya.

Kendati demikian, tidak semua pengguna smartphone mengetahui beragam fitur berguna di smartphone Android-nya dan karena lebih sering memakai smartphone-nya untuk komunikasi baik melalui panggilan, pesan singkat, atau aplikasi media sosial.

Berikut adalah lima fitur pada Android yang tidak banyak diketahui pengguna, sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Android Pit, Rabu (4/10/2017).

1. Perintah Suara Saat Layar Terkunci

Peningkatan fitur pada Android kian canggih, salah satunya dengan perintah suara yang bisa digunakan saat layar smartphone terkunci. Misalnya saja dengan perintah "OK Google".

Fitur ini memang tidak tersedia di semua smartphone. Hanya perangkat Android yang punya sistem deteksi suara yang bisa diperintah dengan suara saat layarnya terkunci.

Jika smartphone kamu memiliki fitur tersebut, cara menggunakannya cukup mudah. Pertama masuk ke Google Settings - pilih Search and Google Now - pilih Voice - pilih OK Google Detection - pilih Always On.

Pastikan smartphone kamu mengenali suara pemiliknya. Perlu diingat, smartphone yang tidak menawarkan deteksi "layar dimatikan/turn-off screen" akan memiliki opsi "From Any Screen" bukan "Always On".

Google Asisstant. (Doc: Google)

 

1 dari 3 halaman

Kunci Android yang Hilang

2. Reset dan Kunci Smartphone Hilang dari Jarak Jauh

Kehilangan smartphone adalah hal yang menyebalkan, apalagi kalau di dalamnya banyak data pribadi. Untungnya Google menghadirkan fitur Android Device Manager yang memungkinkan pengguna memiliki akses terhadap perangkat mereka yang telah hilang.

Cara mengaktifkannya cukup sederhana, yakni masuk ke SettingsSecurity > Phone Management lalu akses situs melalui komputer jika smartphone kamu sudah hilang. (Lebih lanjut cek di sini).

https://cdn0-a.production.images.static6.com/5bLJYZ5QFb6LT9BQszRokZ2ccM8=/673x373/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/medias/1660801/original/038976100_1501147375-android.jpg

3. Cantumkan Kontak Saat Smartphone Hilang

Pengguna yang perangkatnya tertinggal di suatu tempat, misalnya di restoran langganan atau kantor dan takut ponselnya hilang bisa meninggalkan pesan berisi rincian kontak di smartphone itu.

Fitur ini mirip dengan Android Device Manager saat pemilik telah kehilangan smartphone. Namun, memiliki beberapa keamanan yang perlu disiapkan.

Caranya bukan Settings > Security > Lock Screen Message untuk menambahkan informasi kontak. Agar smartphone tidak hilang, pemilik juga bisa menawarkan hadiah bagi orang yang mengembalikannya.

Tampilkan pesan di smartphone (Sumber: Android Pit)

2 dari 3 halaman

Barcode Scanner

4. Barcode Scanner

Smartphone Android kamu juga bisa menjadi pemindai barcode alias barcode scanner melalui kameranya. Caranya dengan menggunakan aplikasi Barcode Scanner. Aplikasi ini bekerja dengan memindai kode QR atau barcode.

Scan barcode pada sepeda, bayar dan jalan (foto : Reuters)

5. Rekam Video Screenshot

Pengguna smartphone pasti telah terbiasa dengan fitur screenshot yang ada di perangkat Android-nya. Namun ternyata Android bisa merekam video screenshot. Fitur ini kerap digunakan oleh Youtuber untuk menunjukkan layar smartphone mereka.

Bahkan, perangkat seperti Galaxy S8 dengan Game Launcher-nya menghadirkan fitur ini untuk merekam permainan gim yang telah dimainkan. Pengguna yang di Android-nya tidak terdapat fitur ini juga bisa menginstal aplikasi AZ Screen Recorder untuk merekam video screenshot layar smartphone-nya.

Aplikasi untuk screenshot video (Sumber: Google Play Store)

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik
Artikel Selanjutnya
Deretan Aplikasi Kontroversial di Smartphone