Sukses

Cara Transfer Musik ke iPhone Tanpa iTunes

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai pengguna produk Apple, kamu pasti familier dengan iTunes. Aplikasi ini bisa digunakan untuk memutar musik, mencadangkan (back-up) data, dan juga sistem operasi.

Bagi sebagian orang, iTunes mempermudah berbagai hal, tetapi tidak sedikit juga yang kesulitan untuk menggunakan iTunes. Pasalnya, iTunes dianggap merepotkan untuk mentransfer musik ke iPhone.

Nah, sebetulnya ada alternatif lain yang dapat kamu coba untuk memutar musik tanpa mentransfer file lagu lewat iTunes. Tim Tekno Liputan6.com merangkum selengkapnya berikut ini:

1. Aplikasi Streaming Musik

Agar kamu terus update tentang musik terbaru, gunakan aplikasi streaming musik, seperti Spotify atau Pandora. Atau kamu bisa menggunakan layanan milik Apple, yakni Apple Music.

Bagi yang berlangganan, kamu dapat mengunduhnya agar bisa diputar saat tidak terhubung ke internet (offline). Tapi perlu diingat, lagu yang diunduh hanya bisa didengarkan saat offline dan tidak bisa ditransfer ke mana pun.

2. Media Player Lokal

VLC adalah aplikasi pemutar media pihak ketiga yang tidak akan membebani kapasitas memori di iOS. Sebaliknya, VLC bisa menyimpan semua file di penyimpanan aplikasi. Kamu bisa mentransfer lagu dengan cara drag and drop menggunakan peramban, WiFi, atau penyimpanan cloud.

Kamu juga bisa menggunakan AirDrop untuk mengirim musik ke iPhone dan pilih aplikasi yang ingin digunakan untuk memutar musik.

Cloud dan Memori Eksternal

3. Penyimpanan Cloud

Menyimpan dan mengunduh data dari iCloud adalah cara termudah sejauh ini untuk mengakses musik.

Kamu hanya perlu mengungah musik yang diinginkan ke penyimpanan Cloud, lalu mengunduhnya dari iPhone. Dengan begitu, kita tidak perlu iTunes untuk mentransfer musik. Sederhana bukan?

4. Penyimpanan Eksternal

Perusahaan seperti SanDisk sudah membuat flash disk dengan konektor yang bisa dihubungkan ke iPhone.

Cara kerjanya hampir mirip dengan penyimpanan cloud, yaitu memasukkan musik yang diinginkan ke flash disk dari komputer, lalu colok ke iPhone. Setelah itu kamu tinggal mengunduhnya ke iPhone.

(Theofilus Ifan Sucipto/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia di Balik Undangan Peluncuran Produk iPhone
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik