Sukses

Perusahaan Seluler Tiongkok Uji Coba 5G di India

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah negara dan operator telekomunikasi telah memulai uji coba teknologi 5G. ZTE dan beberapa perusahaan telekomunikasi India pun turut melakukan hal serupa.

Dilansir GSM Arena, Selasa (3/10/2017), media India bernama Economic Times, melaporkan ZTE telah memulai uji coba teknologi jaringan mobile 5G di India. Perusahaan-perusahaan telekomunikasi India yang terlibat dalam proses pengujian adalah Bharti Airtel, Vodafone India, dan Reliance Jio.

India adalah salah satu pasar wireless global terbesar dan masih memiliki banyak ruang untuk ekspansi. Presiden of Global Maketing and Solution ZTE, Fan Xiaobing, menilai pasar telekomunikasi India memiliki potensi besar untuk tumbuh dengan cepat.

ZTE selain sebagai manufaktur smartphone juga merupakan salah satu pemain penting yang menyediakan sistem dan peralatan telekomunikasi.

"India adalah pasar yang sangat penting bagi kami. Industri telekomunikasi adalah soal skala dan India menawarkan hal tersebut. Pasar telekomunikasi India akan tumbuh dengan sangat cepat. Kami juga akan meningkatkan investasi di India untuk mendukung pertumbuhan itu," ungkap Xiaobing kepada Economic Times.

Xiaobing menyebutkan ZTE akan membawa berbagai produk dan peralatan telekomunikasi untuk operator-operator lokal, yang didesain dan disesuaikan untuk keperluan lokal.

Uji coba ini sekaligus upaya ZTE untuk bisa selangkah lebih maju di India dari para kompetitornya seperti Huawei, Nokia, dan Ericsson. Semua rivalnya tersebut juga merupakan manufaktur peralatan telekomunikasi untuk operator India.

India melihat pentingnya teknologi 5G di negara tersebut dan berencana meluncurkannya kepada konsumen pada 2020. Pemerintah India juga akan menggelar lelang spektrum untuk pertama kalinya kepada operator. Spektrum tersebut untuk mendukung jaringan 5G di masa depan.

ZTE saat ini tengah berdiskusi dengan operator-operator India mengenai backhaul 5G yaitu landasan infrastruktur yang dibutuhkan agar komunikasi wireless 5G dapat berlangsung.

"Kami berharap memiliki berbagai kerja sama baru mengenai backhaul 5G secepatnya di India," kata CEO ZTE India, Peng Aiguang.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Terkuak, Ini Daftar Negara yang Jadi Mitra Dagang Korea Utara
Artikel Selanjutnya
Susul Apple, Samsung Siap Uji Mobil Nirawak, Kapan Meluncur?