Sukses

5 Smartphone Android Alternatif iPhone X

Liputan6.com, Jakarta - Apple belum lama ini memperkenalkan iPhone X beberapa waktu lalu. Generasi iPhone terbaru ini berhasil mencuri perhatian publik karena dibekali dengan desain layar yang nyaris tanpa bingkai dan sejumlah dukungan fitur mumpuni. 

Mengingat perangkat ini ditujukan sebagai produk yang menandai kiprah sepuluh tahun iPhone, Apple pun membanderol smartphone ini dengan harga US$ 999 atau sekitar Rp 13 juta. 

Meski dilepas secara resmi di pasaran, sejumlah pihak menyebut banderol harga iPhone X terlalu mahal. Bahkan, perangkat ini disebut-sebut menjadi model iPhone termahal yang pernah dijual sampai saat ini. 

Akan tetapi, bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman menggunakan smartphone dengan desain serupa, sejumlah pabrikan Android sebenarnya sudah menawarkan gaya serupa dan dengan banderol yang lebih rendah.

Apa saja perangkat yang dimaksud? Berikut ini lima smartphone yang dapat menjadi alternatif iPhone X seperti dikutip Make Use Of, Kamis (5/10/2017).

1. Essential Phone

Smartphone besutan 'Bapak Android' Andy Rubin ini memang mencuri perhatian publik saat pertama kali diperkenalkan. Dibanderol dengan harga US$ 699, tampilan depan smartphone ini sekilas menyerupai iPhone X.

Untuk membuat layar lebih besar, Essential mendesain kamera depan berada di bagian tengah layar bagian atas. Cara itu juga dipakai oleh Apple untuk meletakkan kamera depan dan sejumlah sensor.

Untuk spesifikasi, smartphone ini didukung Snapdragon 835, RAM 4GB, dan memori internal 128GB. Essential Phone juga mengusung desain modular dengan kehadiran aksesori pendukung berbasis magnet.

 

1 dari 4 halaman

2. Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+

Keduanya merupakan perangkat premium terbaru Samsung yang diperkenalkan tahun ini. Mengusung teknologi 'Infinity Dispaly', Samsung pertama kali menerapkannya pada seri Galaxy S8.

Serupa dengan iPhone X, Samsung untuk kali pertama mengenyahkan tombol Home di perangkat ini. Sebagai gantinya, seluruh navigasi dilakukan melalui tombol virtual di layar.

Urusan performa, smartphone ini dibekali Exynos 8895, RAM 4GB, dan memori internal 64GB. Adapun harga Galaxy S8 di Indonesia adalah Rp 10,5 juta, sedangkan Galaxy S8 Plus adalah Rp 12 juta.

3. LG V30

Smartphone terbaru dari LG ini memiliki layar Quad HD OLED berukuran 6 inci, yang diklaim tetap nyaman dipegang karena mengusung desain bezeless. Sama seperti seri V sebelumnya, departemen audio-visual menjadi andalan.

Sebagai permulaan, layar smartphone ini sudah kompatibel dengan Dolby Vision dan HDR 10, sama seperti iPhone X. Kemampuan itu didukung dengan fitur 32-bit Quad DAC untuk menghasilkan keluaran audio yang lebih baik.

LG membenamkan Snapdragon 835, RAM 4GB, dan memori internal 64GB pada smartphone. Sayangnya, perusahaan asal Korea Selatan itu belum mengungkap harga jual perangkat ini.

2 dari 4 halaman

4. Xiaomi Mi MIX 2

Generasi kedua Mi MIX ini hadir dengan perubahan yang cukup besar. Hal yang cukup terlihat dari sisi tampilan adalah ukuran dagu smartphone yang lebih kecil ketimbang seri pendahulunya.

Kali ini, Xiaomi juga menggunakan rasio layar 18:9 untuk membuat ukuran smartphone lebih kompak. Masih sama seperti pendahulunya, perusahaan asal Tiongkok itu kembali berkolaborasi dengan desainer asal Prancis Philippe Starck untuk Mi MIX 2.

Mirip dengan Essential Phone, bodi smartphone ini dibuat dari bahan keramik. Kali ini, Xiaomi membenamkan Snapdragon 835, RAM 6GB hingga 8GB, dan memori internal 256GB.

3 dari 4 halaman

5. LG G6

Memiliki desain bezeless yang mirip LG V30, G6 mempunyai ukuran layar yang lebih kecil yakni 5,7 inci. Kendati demikian, smartphone ini sudah melewati uji ketahanan berstandar militer.

Namun, berbeda dari seri premium lain, perangkat ini masih menggunakan Snapdragon 821 yang terbilang lawas. Kendati demikian, hal itu berimbas pada harga perangkat yang lebih murah dari seri premium lain.

Saat ini, LG G6 dibanderol sekitar Rp 7,9 juta di Indonesia. Sama seperti V30, smartphone ini juga mengandalkan dua lensa pada kamera utamanya dan Quad-DAC.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Drama Keterbatasan Pasokan iPhone 8 Masih Berlanjut
Artikel Selanjutnya
BlackBerry Segera Rilis Smartphone dengan Fitur Tahan Air