Sukses

5 Gim yang Bisa Kamu Mainkan dengan Kartu Grafis Kelas Bawah

Liputan6.com, Jakarta - Meski banyak gamer PC menganggap kartu grafis terpisah adalah salah satu 'barang wajib' yang harus dimiliki untuk memainkan gim, terutama untuk gim kelas atas atau biasa disebut Triple A.

Akan tetapi, tak semua gim yang ada di pasaran saat ini harus dimainkan dengan kartu grafis berkemampuan tinggi. Kartu grafis bawaan atau integrated pun dapat memainkan beberapa gim terkenal saat ini.

Bagaimana caranya? Asalkan kamu tidak keberatan dengan kualitas grafis seadaanya, ternyata ada banyak judul gim yang menarik dan layak kamu mainkan meskipun hanya menggunakan kartu grafis onboard di PC atau notebook kamu.

Tekno Liputan6.com merangkum lima gim PC yang bisa kamu mainkan hanya berbekal kartu grafis onboard Intel. Simak daftar lengkapnya berikut ini:

1. Overwatch

Overwatch. Liputan6.com/ Yuslianson

Walau pengembang Overwatch mengonfirmasi spesifikasi hardware spesifik agar dapat memainkan gim ini, bukan berarti PC atau notebook kamu yang hanya memiliki kartu grafis onboard tak bisa main Overwatch.

Hanya berbekal RAM 4GB dan grafis Intel HD 4400, kamu pun sudah memenuhi spesifikasi minimun resmi gim ini. Walau memang harus puas dengan tampilan grafis paling rendah.

2. PlayerUnknown's Battlegrounds

Playerunknown's Battlegrounds. (Doc: Instant Gaming)

Menjadi salah satu gim paling terkenal dan mendapat pujian positif pada 2017, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) tak mungkin meraih kesuksesan bilamana gamer PC atau notebook berspesifikasi rendah tak bisa memainkan gim ini.

Meski pengembang memberikan persyaratan ketat untuk spesifikasi minimum hardware agar dapat memainkan gim ini, setidaknya beberapa gamer berhasil bermain gim dengan spesifikasi terbatas.

Kualitas grafis dan resolusi gambar di dalam gim pun harus rela dikorbankan. Diketahui, PUBG dapat dimainkan sempurna di beberapa variasi kartu grafis Intel HD.

 

 

1 dari 3 halaman

GTA V hingga Dota 2

3. Grand Theft Auto V

Foto : gta5cheats.com

Grand Theft Auto (GTA) merupakan salah satu waralaba milik Rockstar Games paling populer dalam sejarah industri gim. Seri terbarunya, Grand Theft Auto V (GTA V) dibuat dengan indah dan tampak riil layaknya di dunia nyata.

Meski menghadirkan kualitas grafis yang luar biasa, gim ini ternyata adalah salah satu gim kelas atas yang bisa dimainkan dengan kartu grafis onboard Intel HD.

Bahkan, beberapa modder menyediakan mod khusus yang memungkinkan kamu bermain gim GTA V dengan hardware ultra-low-end jika memang diperlukan.

4. League of Legends

League of Legends

Menjadi salah satu gim kompetitif yang paling ramai dimainkan di dunia, League of Legends dapat dimainkan dengan spesifikasi hardware minim, meskipun menggunakan kartu grafis Intel HD versi lama. 

2 dari 3 halaman

5. Dota 2

Gim Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) lain yang bisa dimainkan dengan hardware sekelas entry-level sekalipun.

Seperti gim lainnya yang ada di dalam daftar, kamu harus puas dengan kualitas grafis rendah agar dapat memainkan gim ini tanpa lag.

Dota 2. (Doc: EsportsOnly)

Selain gim-gim di atas, beberapa gim lain yang dapat dimainkan dengan kartu grafis Intel HD, seperti Counter Strike: Global Offensive; Rocket League; Left 4 Dead 2; Half-Life 1 dan 2; Firewatch; Don't Starve; serta Portal 1 dan 2.

Perlu dicatat, beberapa gim di atas tidak dikembangkan untuk dapat dijalankan dengan menggunakan kartu grafis onboard di PC atau notebook. Meski dapat dimainkan, kamu harus rela bermain gim dengan kualitas grafis rendah.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Dapatkan Diamonds di Gim Mobile Legends
Artikel Selanjutnya
Kesan Pertama Menjajal Pro Evolution Soccer 2018