Sukses

Bikin Gim Sendiri, Alibaba Bentuk Divisi Khusus

Alibaba mengumumkan divisi baru yang bakal secara eksklusif membuat dan meluncurkan gim buatan sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan raksasa e-Commerce asal Tiongkok, Alibaba, mengumumkan divisi baru yang secara eksklusif akan membuat dan meluncurkan gim buatan sendiri.

Seperti dilansir China Daily, Kamis (5/10/2017), divisi baru ini merupakan bentukan Alibaba Digital Media and Entertainment Group yang dipimpin langsung oleh Zhan Zhonghui.

Diketahui, Zhan merupakan salah satu pendiri perusahaan hiburan online Ejoy, yang baru saja diakuisisi Alibaba minggu lalu.

Sekadar informasi, ini bukan kali pertama Alibaba mencoba 'mengukir' tonggak sejarah di dalam industri gim. Awal tahun ini, perusahaan menginvestasikan US$ 145 juta atau sekitar Rp 1,9 triliun untuk membangun jaringan distribusi global untuk gim mobile, khususnya di pasar negara berkembang.

"Perkembangan pasar gim mobile di sejumlah negara, seperti Timur Tengah, Amerika Latin, dan Asia Tenggara tidak merata," ungkap Simon Shi, President Alibaba Games, Alibaba Digital Media & Entertainment Group kala itu.

Ia mengatakan, "Pasar Eropa, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan sudah menjadi pasar matang. Sementara di Timur Tengah baru dua tahun terakhir ini berkembang pesat."

"Amerika Latin dan Asia Tenggara sebagai pasar negara berkembang juga menunjukkan potensi yang sangat tinggi dalam gim mobile, sedangkan di India dan Indonesia beroperasi dengan baik," kata Simon.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.