Sukses

Duh, Siri Sebut Despacito sebagai Lagu Kebangsaan Bulgaria

Saat ditanya, asisten virtual Apple Siri malah menyebut Despacito sebagai lagu kebangsaan Bulgaria.

Liputan6.com, Jakarta - Asisten virtual milik Apple, Siri, ternyata bisa salah juga. Bagaimana tidak, baru-baru ini Siri menyebut lagu hits "Despacito" sebagai lagu kebangsaan Bulgaria.

Padahal sebenarnya lagu kebangsaan Bulgaria berjudul "Mila Rodino". Sementara "Despacito" merupakan lagu yang dinyanyikan penyanyi Luis Fonsi bersama Daddy Yankee. Lagu ini memecahkan rekor sebagai lagu yang paling banyak didengar secara streaming.

Mengutip laman CNET, Kamis (5/10/2017), hal ini pertama kalinya diketahui oleh pengguna Reddit dengan akun Wandreylust. Ia pun mencoba bertanya kepada asisten virtual Apple itu melalui perintah suara.

"Apa lagu kebangsaan Bulgaria?" lalu Siri pun menjawab "Lagu kebangsaan Bulgaria adalah Despacito."

Kemudian, jurnalis CNET Jason Parker menanyakan pertanyaan yang sama pada asisten virtual Google Assistant. Hasilnya, jawaban Google tepat, yakni "Mila Rodino".

Lantas, bagaimana Siri bisa menyebut "Despacito" sebagai lagu kebangsaan Bulgaria?

Siri menyebut

Parker telah memeriksa halaman Wikipedia mengenai "Despacito" yang dijadikan rujukan Siri dalam menjawab pertanyaan lagu kebangsaan Bulgaria. Rupanya tidak ditemukan kata-kata yang menyebut "Despacito" sebagai lagu kebangsaan Bulgaria.

Selain itu, pencarian dengan keyword Bulgaria di Wikipedia juga tak disebutkan bahwa lagu kebangsaan negara tersebut berjudul "Despacito". Sayangnya, Apple belum memberikan tanggapan atas kesalahan Siri ini.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.