Sukses

Lebih Cerdas, Google Assistant Kini Bisa Putar Lagu dari Spotify

Liputan6.com, Mountain View - Asisten virtual Google yakni Google Assistant, dibekali pembaruan yang membuatnya kian cerdas. Selain bisa menebak judul lagu yang sedang diputar, pengguna juga bisa menyuruh Google Assistant untuk bisa memutar lagu langsung lewat aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pertama yang mendukung kemampuan cerdas ini adalah Spotify.

Sayangnya, kemampuan terbaru Google Assistant tersebut baru hanya hadir di duo smartphone teranyar Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Cukup tempelkan smartphone ke musik yang sedang diputar, dan nyalakan Google Assistant untuk bertanya judul lagu yang sedang diputar.

Google Assistant sebelumnya cuma bisa memutarkan musik, itu pun dari Google Play Music. Spotify belum memiliki akses penuh untuk bisa memutar musik.

Dengan begitu, pengguna kini bisa meminta Google Assistant dengan mengucapkan, "OK Google, nyalakan musik rock langsung dari Spotify" dan otomatis lagu akan langsung diputar.

Dukungan ini bisa digunakan oleh pelanggan Spotify gratis dan berbayar. Sebagai catatan, untuk bisa menggunakan fitur tersebut, pengguna harus mengatur Spotify sebagai aplikasi pemutar musik default di pengaturan Google Assistant.

Akun yang digunakan di Spotify pun harus sama dengan akun Gmail yang digunakan pada Google Assistant.

Kemampuan terbaru Google Assistant ini diketahui bakal meluncur dalam beberapa pekan lagi. Dengan begitu, semua pengguna Spotify di seluruh dunia tak perlu lagi repot memutar musik secara manual.

Sekadar informasi, Google Assistant adalah pembaruan layanan virtual Google Now, yang menghadirkan user experience lebih baik dan responsif dalam melakukan percakapan dengan asisten virtual.

"Google Assistant merupakan asisten virtual yang dirancang begitu conversational, yang benar-benar bisa merespons dialog dengan baik antara penggunanya dengan Google. Ia juga dapat membantu menyelesaikan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari,” tutur CEO Google Sundar Pichai.

Pichai menekankan makna 'conversational' karena Google Assistant diklaim paham betul apa yang ditanyakan penggunanya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
5 Asisten Virtual Paling Populer Saat Ini
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Aplikasi iPhone Terbaik