Sukses

Pertama di Dunia, Ini Hard Disk dengan Kapasitas 14TB

Liputan6.com, San Jose - Perusahaan penyedia solusi kapasitas penyimpanan Western Digital memamerkan perangkat hard disk terbaru. Hard disk ini hadir dengan kapasitas penyimpanan paling besar pertama di dunia, yakni 14TB.

Menurut informasi yang dimuat Ubergizmo pada Jumat (6/10/2017), hard disk bernama HGST Ultrastar Hs14 ini diklaim sebagai hard disk paling cepat di dunia. Perangkat ini bisa menampung ribuan data dalam waktu singkat secara efisien.

Sama halnya dengan hard disk berkapasitas ekstra besar, HGST Ultrastar Hs14 diungkap mengandung material helium.

Western Digital menyebutnya dengan teknologi "HelioSeal", salah satu material penting yang mampu menunjang performa hard disk.

Lebih lanjut, Western Digital memaksimalkan kapasitas penyimpanan hard disk tersebut dengan komponen Shingled Magnetic Recording, yang mampu menciptakan keseimbangan performa antar komponen dan membuatnya hemat daya.

Perusahaan menjelaskan, perangkat ini hanya mengonsumsi energi 5,2 watt saat diam dan 6,2 watt saat beroperasi.

Hard disk tersedia dalam dua konfigurasi: SATA (Serial Advanced Technology Attachment) dan SAS (Serial Attached SCS). Juga bisa beroperasi hingga 2,5 juta jam dan menjadi opsi terbaik untuk segmen enterprise dan pengguna server.

Belum diungkap kapan HSGST Ultrastar Hs14 tersedia di pasaran. Informasi dari sumber internal menyebut, Western Digital akan melepas hard disk ini ke pasar pada akhir 2017.

Selain varian 14TB, Western Digital juga menawarkan hard disk dalam kapasitas yang lebih 'kecil', yakni 10TB dan 12TB.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Acer Pamer Tiga Notebook Stylish di IFA 2017
Artikel Selanjutnya
Ini Harga MicroSD Berkapasitas 400GB Buatan SanDisk