Sukses

5 Tips Bikin Fotografi Smartphone Kian Seru

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan teknologi smartphone, semakin banyak hal yang bisa dilakukan dengan perangkat tersebut. Salah satunya adalah mengabadikan gambar dalam bidikan kamera smartphone atau yang dikenal dengan nama fotografi mobile.

Smartphone mahal bukan jaminan utama untuk menghasilkan gambar bagus. Kalian tetap harus berlajar dan mengeksplorasi berbagai cara memotret dengan smartphone, sehingga bisa menghasilkan foto yang bagus.

Berikut lima tips untuk membantu kalian menjadi "fotografer mobile profesional", seperti dilansir Life Wire, Rabu (11/10/2017):

1. Pilih pencahayaan yang tepat

Pencahayaan adalah salah satu bagian penting dalam fotografi. Hal ini karena bisa membuat gambar tampak lebih indah.

Kalian bisa merekam indahnya bayangan yang dihasilkan matahari pada berbagai subjek. Pantulan cahaya di gedung-gedung juga bisa menjadi objek foto menarik. Selain itu, cahaya yang masuk dari jendela ke dalam ruangan juga bisa menjadi hal yang indah untuk dibidik.

Kalian bisa memanfaatkan "golden hour" untuk mempraktikkan pengambilan gambar dengan cahaya. Golden hour dalam fotografi adalah waktu singkat setelah matahari terbit atau sebelum matahari terbenam.

Hal yang harus diingat adalah smartphone bukan pilihan terbaik untuk mengambil foto dengan kondisi minim cahaya. Oleh karena itu, kalian harus memanfaatkan berbagai fitur pada kamera smartphone sebaik mungkin.

1 dari 3 halaman

Angle

2. Jangan menggunakan fitur zoom

Sebaiknya jangan menggunakan fitur zoom pada smartphone saat memotret. Jika menggunakan zoom biasanya hasil foto tidak begitu bagus karena noise terlihat cukup jelas.

Ketika kalian merasa terlalu jauh saat memotret, maka mendekatlah ke objek atau subjek foto. Percayalah, hasil foto dari smartphone akan jauh lebih bagus tanpa menggunakan zoom.

3. Tentukan angle menarik

Jangan takut mengubah pandangan kalian pada berbagai hal. Pesan ini juga berlaku saat memotret, termasuk dalam fotografi smartphone.

Berani mengubah angle memberikan peluang besar mendapatkan hasil foto yang lebih bagus. Jadi jangan takut bereksplorasi dengan mengubah sudut pandang. Coba sebanyak mungkin angle pengambilan gambar.

Selain itu, kalian juga harus jeli melihat lingkungan sekitar yang bisa menjadikan foto lebih menarik. Cermin, kaca dan berbagai benda berkilau lain, misalnya, bisa memberikan refleksi yang indah pada hasil foto.

 

4. Aplikasi pengeditan

Fotografi mobile menjadi lebih menyenangkan berkat banyak aplikasi pendukung. Aplikasi-aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, tapi ada juga yang berbayar.

Pengunjung mengambil foto saat pameran karya fotografer Agence France-Presse (AFP) mengenai krisis migrasi di Eropa di pusat seni Bozar di Brussels (3/5). Pameran ini berjudul

Pilih aplikasi yang sesuai dengan selera. Setelah itu, kalian bisa mengedit foto-foto dari smartphone untuk mendapatkan hasil lebih bagus.

 

2 dari 3 halaman

5. Bersihkan lensa

Pastikan tidak ada noda pada lensa kamera. Ini adalah aturan praktis sederhana. Lensa yang bersih dapat menghasilkan gambar lebih tajam.

Oleh karena itu, pastikan lensa kamera sudah bersih sebelum mengambil gambar. Kalian tentu tidak ingin ada 'noda' yang mengganggu pada hasil gambar, kan?

Sejumlah tips ini bisa membantu kalian menghasilkan gambar yang bagus dengan smartphone. Namun, jangan merasa tertekan dengan aturan-aturan dalam fotografi. Terlepas dari segala tips dan aturan yang ada, kalian harus bersenang-senang untuk bisa menikmati serunya fotografi mobile.

Bergabunglah dengan komunitas di lingkungan kalian untuk mendapatkan pengalaman yang lebih seru. Akan selalu menyenangkan ketika bergabung dengan banyak orang, yang juga mempelajari dan menikmati seni fotografi.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Tren Makeup Terbaru, Alis Kepang yang Unik
Artikel Selanjutnya
Riasan Makin Seru dengan Pop Smokey Eyes