Sukses

Smartphone BlackBerry Motion Resmi Dirilis, Ini Spesifikasinya

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sejumlah rumor mengenai smartphone terbaru BlackBerry yang tahan air, kini perusahaan Kanada itu benar-benar menghadirkannya ke pasaran.

Smartphone BlackBerry yang dimaksud adalah BlackBerry Motion. Sebelumnya perangkat ini diduga bernama BlackBerry Krypton.

BlackBerry Motion dirilis di gelaran GITEX Technology Week di Dubai, Uni Emirat Arab, Minggu malam waktu setempat.

Seperti BlackBerry KeyOne, Motion digarap oleh pemegang lisensi perangkat BlackBerry, TCL. Berbeda dengan KeyOne, BB Motion hadir dengan desain all touch alias layar sentuh.

Mengutip Phone Arena, Senin (9/10/2017), BB Motion menjadi perangkat pertama BlackBerry yang dibekali sertifikat IP67, sehingga membuatnya tahan terhadap air--bukan air laut--hingga kedalaman 3,3 kaki atau 1 meter selama 30 menit.

Smartphone ini hadir dengan layar 5,5 inci premium anti-scratch dengan resolusi 1.080 x 1.920 piksel (FHD). Tidak disebutkan jelas jenis prosesor yang digunakan untuk menyokong BB Motion, tapi diduga TCL menggunakan Snapdragon 625.

Jika itu benar, artinya BB Motion didukung CPU octa-core dengan GPU Adreno 506. BB Motion memiliki RAM 4GB.

Selain itu, smartphone ini dibekali kapasitas daya yang lebih besar dibanding pendahulunya, yakni 4.000mAh dan dukungan pengisian daya cepat Quick Charge 3.0.

Berberkal fitur tersebut, BlackBerry Motion diklaim bisa mengisi 50 persen daya dalam waktu 40 menit pengisian daya.

1 dari 2 halaman

Harga dan Ketersediaan

Smartphone ini juga didukung fitur keamanan pemindai sidik jari yang disematkan di tombol Home berlogo BlackBerry. BB Motion menjalankan OS Android 7.1 Nougat yang bisa diperbarui ke Android 8.0 Oreo pada 2018.

Salah satu hal baru pada BB Motion adalah kemampuan penyimpanan Locker. Dengan Locker, pengguna bisa menyimpan dokumen dan foto di ruang penyimpanan internal yang hanya bisa dibuka dengan PIN atau sidik jari pemilik.

BlackBerry Motion (Sumber: Phone Arena)

Alih-alih menyimpan di cloud, modus Locker akan mengirimkan dokumen ke ruang penyimpanan internal.

Global General Manager BlackBerry Mobile Alain Lejeune mengatakan, diluncurkannya BB Motion memungkinkan perusahaan mendiversifikasi produknya dengan pengalaman privasi yang terpercaya dan mendukung produktivitas pengguna.

Sejauh ini dikonfirmasi bahwa BlackBerry Motion akan dirilis di Uni Emirat Arab dan Arab Saudi pada bulan ini. Sementara pasar global lainnya menyusul kemudian. Smartphone ini dibanderol 1.699 Dirham atau US$ 463. (sekitar Rp 6,2 jutaan).

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Resmi, Galaxy Note 8 Dibanderol Rp 13 Juta di Indonesia
Artikel Selanjutnya
BlackBerry Segera Rilis Smartphone dengan Fitur Tahan Air