Sukses

Ingin Rasakan Android Stock Tanpa Root? Simak Caranya Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta - Google memang memungkinkan manufaktur untuk melakukan personalisasi pada Android yang ditanamkan di perangkatnya. Hal itu membuatnya menarik karena memberikan identitas berbeda di tiap perangkat.

Akan tetapi, tak jarang sejumlah pengguna menginginkan pengalaman memakai Android Stock atau Android murni. Namun untuk melakukan hal tersebut, pengguna harus me-root perangkat dan kehilangan garansi.

Bagi pengguna yang terbiasa, root bukanlah kegiatan yang asing. Namun bagi pengguna yang tak biasa, kegiatan itu bisa jadi merepotkan dan terlalu berbahaya.

Beruntung, Google sudah menyediakan sejumlah aplikasi Android Stock di Google Play Store. Dengan cara ini, kamu dapat menyulap tampilan perangkat agar terasa seperti Android murni.

Lantas, bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut? Berikut ini adalah sejumlah aplikasi yang perlu kamu pasang untuk membuat perangkat tampak seperti Android bawaan, seperti dikutip dari Make Use Of, Rabu (11/10/2017).

1. Google Now Launcher

Aplikasi ini wajib dipasang untuk menjadikan tampilan utama perangkat tampak serupa dengan Android Stock. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengubah tampilan layaknya perangkat Android yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow.

Sejumlah fitur utama, seperti tampilan aplikasi vertikal, kehadiran quick search bar, termasuk layar Google Now khusus sudah tersedia. Seluruh fitur itu sudah lengkap dan dapat diunduh secara gratis.

Sekadar informasi, saat ini Google juga sudah meluncurkan aplikasi Pixel Launcher, yang dapat mengubah tampilan perangkat mirip Google Pixel. Namun, aplikasi ini tak tersedia di seluruh region.

 

 

 

1 dari 3 halaman

2. Google Dialer

Setelah launcher, aplikasi yang dapat diunduh adalah Google Dialer. Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan untuk mengubah tampilan fitur panggilan di perangkat Android.

Akan tetapi perlu diingat, aplikasi ini ternyata tak kompatibel dengan semua model perangkat. Karenanya, kamu perlu mengecek terlebih dulu kecocokan aplikasi dengan perangkat.

Aplikasi lain yang juga dapat dipasang adalah Google Contacts. Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengubah tampilan kontak di perangkat menjadi khas Android murni.

3. Google Messenger

Google sebenarnya memiliki dua aplikasi untuk kebutuhan olah pesan, yakni Hangout dan Android Messages. Bagi kamu yang terbiasa memakai Hangout, aplikasi ini tentu menjadi pilihan utama.

Namun jika kamu memilih aplikasi yang tampil biasa, Google Messenger dapat menjadi opsi. Selain fungsi berkirim pesan yang cukup lengkap, desain aplikasi ini akan semakin menguatkan kesan Android murni karena hadir dengan tampilan Material design.

2 dari 3 halaman

4. Gboard

Android memang menawarkan aplikasi keyboard pihak ketiga yang terbilang beragam dan dapat dipilih sesuai kebutuhan. Salah satu yang dapat menjadi andalan adalah Gboard.

Aplikasi keyboard buatan Google ini sangat tepat bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman memakai Android Stock. Terlebih, raksasa internet itu sudah membenamkan fitur Google Search, GIF, dan pencarian emoji di dalamnya.

5. Google Camera

Sama seperti keyboard, aplikasi kamera di Google Play Store memang terbilang sangat banyak. Kendati demikian, tak ada salahnya mencoba aplikasi Google Camera untuk merasak pengalaman memakai Android Stock lebih optimal.

Sebagai gambaran, aplikasi bawaan Google ini terbilang lebih sederhana ketimbang aplikasi serupa. Tampilan antarmuka aplikasi ini dibuat sesimpel mungkin dan telah memiliki sejumlah fitur, seperti photo sphere, panoramas, dan lens blur.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Saksikan Live Streaming INSPIRATO

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Top 3: Pengaturan Bikin Android Canggih, Komeng jadi Wali Nikah
Artikel Selanjutnya
6 Pengaturan Pintar Ini Bikin Android Kamu Super Canggih