Sukses

5 Destinasi Tersembunyi Terbaik di Indonesia Versi Skyscanner

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kerap masuk ke dalam daftar destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan di seluruh dunia. Tak cuma Bali dan Lombok, Indonesia sebenarnya memiliki beragam destinasi wisata tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh kalangan mainstream.

Perusahaan pencarian travel global Skyscanner mengungkap, ada 5 destinasi wisata tersembunyi terbaik di Indonesia yang belum banyak diketahui oleh para pelancong dari luar negeri.

Pada periode Januari hingga Agustus 2017, Skyscanner mencatat ada ratusan ribu pencarian untuk tiket pesawat ke destinasi-destinasi tersembunyi itu dalam mesin pencariannya. Apa saja destinasi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya, menurut data yang Tekno Liputan6.com terima dari Skyscanner, Senin (9/10/2017) di Jakarta.

1. Medan

Sebagai rumah dari Danau Toba--danau vulkanik terbesar di dunia--Medan seringkali dipandang sebelah mata ketika para wisatawan luar negeri mengunjungi Indonesia.

Menjadi salah satu destinasi dengan pencarian penerbangan paling banyak dalam daftar ini, Skyscanner mengungkapkan bahwa Medan paling sering dikunjungi di pertengahan tahun, pada periode April hingga Juni.

Selain pemandangan alam menawan, Medan juga terkenal dengan kekayaan kuliner. Beberapa ragam makanan yang khas di kota ini di antaranya adalah aneka masakan kari, sate, durian, dan mi bebek lokal.

Skyscanner mencatat, pengunjung biasanya memesan tiket pesawat ke Medan, 30 hari sebelum penerbangan dengan harga pemesanan rata-rata Rp 2.121.000 (US$ 160) per tiket pesawat.

 

1 dari 3 halaman

Belitung dan Labuan Bajo

2. Belitung (Tanjung Pandan)

Skyscanner juga menyoroti Belitung sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia terbaik yang tersembunyi dari kalangan wisatawan. Selama periode Januari hingga Agustus, tercatat lebih dari puluhan ribu pencarian untuk Belitung.

Berdasarkan jumlah pencarian tiket pesawat, Skyscanner memprediksi bahwa kota terbesar di Belitung, Tanjung Pandan, bisa menjadi daya tarik pariwisata yang populer.

Pengguna Skyscanner pada umumnya mengalokasikan rentang waktu sebanyak 57 hari antara pemesanan tiket dan keberangkatan, serta menghabiskan rata-rata Rp 2.293.000 (US$ 173) per tiket pesawat.

3. Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah tujuan wisata yang tepat untuk siapa pun yang ingin menikmati keindahan alam lepas Indonesia.

Di Labuan Bajo, kamu memiliki banyak pilihan untuk berwisata alam. Selain itu, kamu juga berkesempatan mengunjungi Pulau Komodo yang ikonik.

Dari sekian banyak daya tarik yang ada di Labuan Bajo, Pulau Padar mungkin adalah bintang utamanya. Di pulau ini, kamu disambut dengan pemandangan tiga pantai menawan yang masing-masing memiliki warna unik dan khas.

Berdasarkan data dari Skyscanner, Labuan Bajo berhasil mencatatkan puluhan ribu pencarian tiket pesawat dalam delapan bulan pertama 2017, dengan pencarian tertinggi pada Mei 2017. Rata-rata tiket pesawat ke Labuan Bajo bernilai Rp 3.128.000 (US$ 236).

 

2 dari 3 halaman

Bandar Lampung dan Manado

4. Bandar Lampung

Bandar Lampung di Sumatera juga sangat menarik perhatian turis berkat lokasi geografisnya yang memungkinkan wisatawan untuk berkeliling pulau-pulau dan scuba diving.

Beberapa destinasi wisata yang paling terkenal di provinsi ini adalah Pulau Maitem, Pulau Pasir Timbul, Pulau Tegal, dan Pulau Kelagian Besar.

Selain bisa berkeliling dari satu pulau ke pulau lain, Lampung juga terkenal dengan Gunung Krakatau-nya. Gunung Krakatau masih termasuk sebagai salah satu alasan utama yang menarik turis untuk mengunjungi Bandar Lampung.

Wisatawan umumnya memesan tiket pesawat ke Bandar Lampung, 18 hari sebelum keberangkatan dengan kisaran harga Rp 1.114.000 (US$ 84) per tiket.

5. Manado

Destinasi wisata tersembunyi lain di Indonesia yang tak boleh dilupakan adalah Manado. Kota ini sendiri belum terlalu populer di kalangan wisatawan walaupun termasuk sebagai salah satu kota terbesar di Sulawesi.

Sama seperti Medan, Manado menawarkan aneka masakan kuliner yang terkenal. Masakan ala Manado dengan rasa pedas dan manis sangat terkenal di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Beberapa obyek wisata kuliner Manado yang populer di antaranya adalah sambal roa, sup kuah asam, soto babi, dan kepiting kelapa.

Data Skyscanner menunjukkan pertumbuhan yang positif dari jumlah pencarian penerbangan ke Manado, dengan harga pemesanan rata-rata Rp 3.570.000 (US$ 269) per tiket pesawat dan rentang waktu 24 hari antara pemesanan dan keberangkatan.

(Isk/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
RI Raih Juara 3 di Festival Musik Tradisional Uzbekistan
Artikel Selanjutnya
Ini 20 Negara Terindah di Dunia, Indonesia Jadi Salah Satunya