Sukses

Terkaya di Asia, Jack Ma Tak Punya Waktu untuk Hamburkan Uang?

Sebagai orang terkaya di Asia, Pendiri sekaligus Bos Alibaba Jack Ma tidak memiliki waktu untuk menghamburkan uangnya. Kok bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Bos raksasa e-Commerce Alibaba Jack Ma memiliki jumlah harta yang sangat banyak. Laporan DNA India yang Tekno Liputan6.com kutip Selasa (10/10/2017) menyebutkan, total kekayaan Ma mencapai US$ 46,9 miliar atau sekitar Rp 633,7 triliun.

Dengan jumlah sebanyak itu, Ma juga dinobatkan menjadi orang terkaya di Asia. Bukannya hidup dalam kemewahan dan menghamburkan uang, Ma malah mengaku tidak punya cukup waktu untuk berfoya-foya dengan uangnya. Demikian diungkapkan Ma dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg baru-baru ini.

"Berapa banyak uang yang kamu habiskan dalam hidupmu?" kata Jack Ma saat menceritakan bagaimana orang lain memberikan saran untuk menghabiskan uangnya.

Alih-alih menjawab jumlah uang yang biasa dihabiskan untuk senang-senang, Jack Ma malah mengatakan, "Banyak orang berkata kepada saya, Jack, kamu bisa menghabiskan uangmu lebih banyak dibandingkan dengan uang yang dihabiskan pemerintah, lebih dari siapa pun."

"Jadi, kamu memiliki banyak harta, bagaimana kamu bisa menghabiskannya dengan lebih baik? Berapa banyak uang yang bisa kamu keluarkan dalam hidupmu," kata Ma menjawab pertanyaan tersebut.

Tak dimungkiri, perusahaan milik Ma, Alibaba mendapatkan revenue dengan peningkatan 56 persen pada pada akhir Maret 2017, dengan total US$ 23 miliar (setara Rp 310 triliun).

Forbes bahkan menobatkan Jack Ma sebagai orang terkaya di Asia serta orang terkaya ke-18 di dunia. Namun, tampaknya dia tidak begitu menikmati gelarnya sebagai orang paling kaya di benua Asia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikelilingi Banyak Orang

Dalam wawancara bersama CNBC 2014 lalu, Ma mengatakan, orang-orang kaya dikelilingi oleh banyak orang yang menginginkan uangnya.

"Saat kamu menjadi orang paling kaya di dunia, semua orang mengelilingimu, karena uang yang kamu punya," katanya.

Sekadar diketahui, Alibaba memulai tahun ini dengan baik. Nilai saham perusahaan itu melonjak sejak Januari dan kini sahamnya senilai US$ 400 miliar, sedikit di belakang Amazon.

Meski mengaku tidak terlalu menikmati kekayaannya, pada ulang tahun ke-17 Alibaba, Ma mencuri perhatian dalam sebuah pertunjukkan di panggung dengan berpakaian layaknya King of Pop Michael Jackson.

Di atas panggung, Ma mengendarai sepeda motor dengan topeng hitam dan emas dan menampilkan lagu "Billie Jean".

Aksi panggung tersebut bukan yang pertama kalinya disuguhkan Jack Ma untuk menghibur para pegawai Alibaba. (Sumber AFP)

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.