Sukses

5 Fitur Ponsel Jadul yang Masih Eksis di Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum masa smartphone, ponsel jadul menjadi andalan dalam berkomunikasi. Dibandingkan smartphone, memang ponsel lawas tidak dibekali fitur-fitur kekinian seperti kamera bokeh, asisten virtual hingga aplikasi media sosial.

Meski begitu, banyak fitur pada feature phone yang sangat berguna pada masanya. Bahkan, saking bergunanya sejumlah fitur yang ada pada ponsel lawas masih dipertahankan di smartphone. Apa saja?

Berikut adalah 5 fitur pada ponsel jadul yang masih ada hingga saat ini.

1. SMS

Salah satu fitur andalan pada ponsel jadul adalah layanan SMS atau pesan singkat. Sebelum chatting dilakukan menggunakan aplikasi pesan, pengguna pasti tak lepas dari layanan ini.

Ilustrasi SMS (prosms.eu)

Meski jumlah karakter dalam SMS terbatas pengguna tetap berbalas SMS berulang kali. Seiring perkembangan teknologi, penggunaan SMS mulai digerus oleh aplikasi pesan.

Kendati demikian, vendor smartphone tidak menghilangkan fitur ini. Sebagian pengguna juga masih memakai SMS untuk berkomunikasi dengan orang yang tak memakai aplikasi pesan, misalnya dengan driver ojek online, orangtua atau saat koneksi internet kurang baik.

2. Infrared

Infrared merupakan salah satu fitur yang populer digunakan di ponsel jadul. Lewat Infrared, pengguna ponsel lama bisa saling mengirimkan kontak, bermain gim bersama pengguna ponsel lain, hingga mengirimkan foto.

	Mi Remote menggunakan koneksi Infrared (Sumber: YouTube/ NamasTech)

Meski kini keberadaan Infrared tergantikan oleh Bluetooth dan koneksi internet, sebagian smartphone masih memiliki fitur Infrared. Salah satunya di beberapa smartphone Xiaomi, Infrared digunakan sebagai remote control.

1 dari 4 halaman

3. Bluetooth

Ponsel lawas keluaran tahun 2000-an seperti Nokia 6600 dan 7610, mulai menghadirkan koneksi Bluetooth untuk bertukar file foto atau video.

Ilustrasi: Headset dihubungkan menggunakan koneksi Bluetooth.

Sampai sekarang Bluetooth masih disematkan di smartphone, namun penggunaannya tak sebatas untuk mengirim foto, video, atau file.

Vendor smartphone banyak yang memanfaatkan koneksi Bluetooth untuk menghubungkan smartphone dengan aksesori pintar, seperti smartwatch, headphone nirkabeldan speaker portable.

2 dari 4 halaman

4. Radio

Radio menjadi fitur andalan di ponsel lawas. Pasalnya, tidak semua ponsel jadul dilengkapi dengan pemutar musik, karenanya radio bisa jadi sumber hiburan bagi pengguna.

iTunes Radio - Kredit: Techno Buffalo

Meski fitur radio mulai tergantikan oleh layanan music streaming atau pemutar musik, beberapa smartphone masih menghadirkan radio sebagai salah satu fiturnya. Misalnya saja di smartphone Android milik Samsung atau Sony.

3 dari 4 halaman

5. Recorder

Selain fitur-fitur di atas, keberadaan recorder juga masih dipertahankan pada smartphone.

Recorder

Meski terlihat sederhana, beberapa vendor smartphone meningkatkan kemampuannya seperti alat perekam profesional.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Essential Phone Ternyata Paling Sulit Diperbaiki
Artikel Selanjutnya
3 Fitur Nokia 8 yang Bakal Bikin Kamu Terpikat