Sukses

Smartphone Android Bakal Mengekor Fitur iPhone X

Liputan6.com, Jakarta - Para vendor smartphone Android dilaporkan tertarik dengan sistem pengenalan wajah Face ID, yang menggunakan teknologi kamera 3D pada iPhone X. Hal ini disampaikan oleh analis ternama, Ming-Chi Kuo.

Dilansir Softpedia, Rabu (11/10/2017), Kuo dalam catatannya kepada para investor mengindikasikan pesanan untuk teknologi kamera 3D tiga kali lebih banyak sejak iPhone X diumumkan.

Tak hanya menghadirkan fitur penganalan wajah, banyak manufaktur juga berencana memadukan teknologi tersebut dengan sensor sidik jari. Pilihan lain adalah hanya menggunakan fitur penganalan wajah.

Kuo mengatakan, ketertarikan terhadap teknologi ini bukan hanya untuk fitur keamanan saja, tapi juga sebagai kunci pengembangan Augmented Reality (AR). "Oleh karena itu, kami meyakini para vendor bersedia mengeluarkan biaya lebih banyak untuk komponen-komponen terkait," tulis Kuo.

Untuk saat ini, fitur pengenalan wajah lebih mudah direalisasikan daripada mengintegrasikan sensor sidik jari dan layar. Di luar daya tarik iPhone X, alasan lain ketertarikan perusahaan-perusahaan teknologi pada fitur tersebut karena pengerjaannya bisa dilakukan pada panel LCD dan OLED. Saat ini, sensor sidik jari pada layar baru bisa dilakukan pada panel OLED.

Sejauh ini belum diketahui kapan perangkat Android pertama dengan fitur serupa pengenalan wajah iPhone X meluncur di pasaran. Namun kemungkinan besar akan terjadi pada tahun depan.

iPhone X sendiri diprediksi akan menyambangi pasar pada 3 November 2017. Smartphone ini akan menjadi iPhone pertama yang memiliki fitur pengenalan wajah dan tanpa Touch ID.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Xiaomi Pastikan Mi A1 Meluncur di Indonesia, Harganya?
Artikel Selanjutnya
BlackBerry Segera Rilis Smartphone dengan Fitur Tahan Air