Sukses

Kunjungi Lokasi Bencana, Mark Zuckerberg Malah Dicibir Warganet

Liputan6.com, Menlo Park - Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg, baru-baru ini mengalami kejadian yang kurang mengenakan.

Maksud hati ini memamerkan kecanggihan teknologi Virtual Reality (VR) miliknya, pria yang akrab disapa Zuck tersebut malah dicibir warganet. Kok bisa?

Pada salah satu posting yang diunggah di akun Facebook pribadinya, Zuck menyiarkan video langsung dalam balutan teknologi VR bernama Facebook Space. Di situ, ia tampil memandu video dengan tampilan avatar kartun bersama Head of Social VR Facebook Rachel Franklin.

Dalam video tersebut, Zuck dan Franklin bisa berpindah-pindah tempat, termasuk mengunjungi lokasi bencana badai di Puerto Rico.

Awalnya, Zuck ingin menunjukkan bahwa orang-orang yang menyaksikan video ini bisa merasakan secara langsung suasana di lokasi kejadian dengan perangkat headset Oculus Rift.

"Ini benar-benar menakjubkan. Hal paling menarik dari VR adalah pengguna bisa merasakan nuansa seperti benar-benar ada di suatu tempat. Begitu riil," ujar Zuck seperti dikuti Tekno Liputan6.com dari CNBC, Rabu (11/10/2017).

"Kita bisa berpindah-pindah tempat dan merasakan seolah berada di lokasi kejadian. Ini jadi cara terbaik bagi siapa pun yang ingin pergi ke suatu tempat tetapi dibatasi oleh sejumlah hal," timpal Franklin.

Alih-alih menuai pujian, apa yang dilakukan Zuck dan Franklin malah mengundang cibiran. Banyak warganet menyayangkan karena Zuck justru memanfaatkan musibah untuk kepentingan Facebook.

"Ia tak tahu diri. Orang-orang di Puerto Rico menderita, dan ia malah memanfaatkan bencana untuk memamerkan ini? Dasar, tak punya hati," ujar seorang pengguna Facebook bernama Joe.

"Ini nonsense, seharusnya kamu bisa menggunakan uangmu untuk para korban, bukan untuk ini. Seharusnya kamu bisa melakukan sesuatu yang lebih berguna," ujar pengguna Hidi Heikkala.

Namun, ada juga yang membela Zuck karena ia justru lebih ingin memamerkan Facebook Space. Menurut sebagian pengguna, sebaiknya jangan terlalu melebih-lebihkan apa yang dilakukan Zuck.

"Tujuannya kan cuma ingin menunjukkan VR di Facebook Space, jadi tidak usah berlebihan menyangkutpautkan bencana dengan ini," tulis Sara Blalock.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Akun Facebook Mark Zuckerberg dan Istrinya Tak Bisa Diblokir
Artikel Selanjutnya
Mengintip Momen Manis Bos Facebook Bersama Buah Hati