Sukses

Lupakan Tinder, Cari Pasangan Kini Lebih Mudah via Instagram

Liputan6.com, California - Tak dapat dimungkiri, Tinder kini menjadi salah satu aplikasi kencan online yang paling banyak digunakan.

Cara menggunakannya mudah, cukup swipe ke kanan jika suka dengan calon pasangan, dan langsung "match" seketika jika si calon pasangan juga melakukan hal yang sama.

Namun, metode ini ternyata dianggap masih kurang "sreg" oleh sebagian pengguna. Menurut laporan Mashable pada Kamis (12/10/2017), Tinder bukan lagi jadi platform yang bisa diandalkan untuk mencari pasangan. Lantas, adakah aplikasi yang lebih oke untuk mencari teman kencan selain Tinder? Tentu ada.

Bagi kamu yang doyan menggunakan Instagram, kamu berada di wadah yang tepat. Sebab, Instagram dinilai menjadi platform paling mudah untuk mencari pasangan ketimbang Tinder.

Menurut psikolog Eli Funkel, cara pengguna mencari teman kencan di Instagram lebih mudah karena kehadiran akses fitur pesan pribadi alias Direct Message (DM).

"Pengguna mungkin enggan membalas pesan dari orang asing. Tetapi, 'match' bisa dimulai saat keduanya follow satu sama lain. Ketertarikan terjadi karena mereka terpikat dengan konten foto atau video. Masing-masing bisa menerka karakteristik pengguna hanya dengan melihat gaya dan tone konten di profil Instagram," kata Funkel.

Adapun fitur DM ini dianggap Funkel sebagai "jembatan" atas reaksi dari masing-masing pengguna. "Setelah mereka saling follow, butuh waktu beberapa hari atau berminggu-minggu untuk mengetahui apa yang terjadi selanjutnya. Baru setelah itu mereka bisa memberanikan diri untuk mengirim pesan," jelasnya.

Barulah dari sini, proses konsolidasi antara pengguna terjadi. Mungkin ada yang gagal, tetapi ada juga yang berhasil lanjut. Dengan demikian, Funkel menekankan, tidak semua proses match yang terjadi di Instagram sepenuhnya berhasil.

1 dari 2 halaman

Sering Disalahgunakan

Tinder sendiri sebetulnya menghadirkan fitur di mana pengguna bisa menautkan akun Instagram mereka pada profil.

Fitur tautan Instagram ini memperkenankan pengguna memasang tautan akun Instagram di profil Tinder, sehingga calon teman kencan bisa mengetahui nama pengguna Instagram.

Sayangnya, fitur tersebut sering disalahgunakan bagi orang-orang yang kerap ditolak, khususnya pengguna pria.

Modus yang cukup meresahkan ini, telah banyak dilaporkan pengguna Tinder yang menautkan akun Instagram mereka pada profilnya. Kebanyakan mengaku telah dikirim DM (Direct Message) via Instagram dari orang-orang yang mereka tolak di Tinder.

Mencari jodoh di Tinder sendiri juga diklaim tidak sepenuhnya aman. Pengamat sosial Dr Lauran Rosewarne mengatakan kalau menemukan pasangan lewat aplikasi memang mudah, tapi tak tertutup kemungkinan bisa menjadi korban kejahatan.

Karena itu, menurut ahli keamanan siber Susan McLean, pengguna Tinder seharusnya tidak membagi informasi yang sangat pribadi, seperti nama lengkap, nomor telepon, dan email. Saat pertama kali bertemu, sebaiknya juga dilakukan di tempat umum.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips untuk Terkenal di Instagram
Artikel Selanjutnya
DP Rumah Juga Bisa Dikumpulkan dari Hobi, Loh!