Sukses

3 Cara Maksimalkan Penggunaan MicroSD di Perangkat Android

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa perangkat Android memang tak datang dengan kapasitas memori yang luar biasa besar. Padahal, kebutuhan memori untuk sistem operasi besutan Google itu terbilang cukup banyak.

Beruntung, Google menyediakan opsi memakai MicroSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan. Hal ini tentu sangat membantu pengguna yang membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar.

Namun bukan berarti penggunaan MicroSD akan menjadi solusi langsung untuk mendapatkan kapasitas memori lebih besar. Pengguna juga harus memerhatikan sejumlah hal sebelum memakai MicroSD agar mendapat hasil optimal.

Lantas, apa saja hal yang harus diperhatikan saat menggunakan MicroSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan di perangkat? Berikut ini ada tiga cara mudah untuk melakukan pengaturan, seperti dikutip dari Make Use Of, Sabtu (14/10/2017).

1. Pilih MicroSD paling sesuai

Langkah pertama adalah mengetahui kapasitas penyimpanan MicroSD yang dapat digunakan di perangkatmu. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan kecepatan kartu yang digunakan.

Dengan dua hal ini, kamu akan mendapatkan kemampuan MicroSD yang lebih optimal. Namun perlu diperhatikan pula, seperti apa kebutuhanmu agar dapat menyesuaikan dengan pilihan kartu memori yang akan digunakan.

 

1 dari 2 halaman

2. Fomat dan atur microSD

Setelah mendapatkan MicroSD yang sesuai, kamu perlu memformatnya terlebih dulu. Akan tetapi, biasanya setelah MicroSD masuk, sistem akan menawarkan format secara otomatis.

Dengan melakukan format, kamu dapat mengubah MicroSD sebagai basis penyimpanan utama. Jika belum, kamu perlu melakukannya secara manual dengan membuka pengaturan 'Storage', lalu pilih 'Format as internal' yang terletak di pojok kanan.

3. Partisi MicroSD

Selain dua hal tersebut, ada satu hal lagi yang dapat dipakai untuk memaksimalkan pengguna MicroSD. Kamu dapat membuat partisi dari MicroSD itu menjadi penyimpanan internal dan eksternal.

Lewat cara ini, kamu dapat menyelesaikan sejumlah kendala, seperti masalah saat mentransfer data dari dan ke MicroSD. Tak hanya itu, cara ini dapat mengenkripsi bagian kartu yang sensitif, sehingga tak dapat dibaca oleh pihak ketiga.

(Dam/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Artikel Selanjutnya
Ini Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi A1
Artikel Selanjutnya
Transfer Data via SHAREit 200 Kali Lebih Cepat dari Bluetooth