Sukses

Review Galaxy Note 8: Tampang Kece, Spesifikasi Enggak Receh

Liputan6.com, Jakarta - Pada 23 Agustus 2017, Samsung secara resmi mengumumkan Galaxy Note 8 dalam ajang Galaxy Unpacked 2017 di New York, Amerika Serikat.

Hadir sebagai keluarga terbaru dari seri Note, wajar bilamana Samsung menyertakan berbagai teknologi hardware terbaik dan beragam fitur canggih di Galaxy Note 8 ini.

Salah satu keunggulan perusahaan asal Korea Selatan ini adalah dual kamera. Yup, Galaxy Note 8 merupakan smartphone pertama Samsung yang memiliki kamera ganda.

Smartphone ini berhasil menarik perhatian pencinta teknologi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Vice President - IM Head Samsung Electronics Indonesia, Djien Gie So optimistis Galaxy Note 8 sebagai produk flagship yang hadir dengan sejumlah keunggulan, akan meraup sukses dan mampu mendongkrak pangsa pasar Samsung.

"Saya optimistis pangsa pasar kami akan tumbuh dengan kehadiran Note 8. Kami tak ada kekhawatiran karena seri Note memiliki banyak pengguna setia," kata Djien Gie saat ditemui dalam acara peluncuran Galaxy Note 8 di Jakarta, belum lama ini.

Kehadiran Galaxy Note 8 akan semakin menguatkan posisi Samsung di pasar smartphone secara keseluruhan, terutama di segmen premium. Berdasarkan riset GfK per Juli 2017, Samsung menguasai 70 persen pasar smartphone untuk kategori premium dan 52 persen untuk keseluruhan pasar smartphone.

Nah, penasaran seperti apa performa smartphone terbaru milik Samsung ini? Apakah Samsung berhasil memuaskan dahaga para pencinta setia Note? Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah ulasan lengkap dari Samsung Galaxy Note 8.

1 dari 6 halaman

Desain

Soal desain, Galaxy Note 8 sebenarnya memiliki meterial bodi yang tak jauh berbeda dengan seri Galaxy S8 dan S8+.

Hadir dengan bodi yang lebih kotak ketimbang dua seri Galaxy S8, Galaxy Note 8 juga mengusung konsep desain Infinity Display. Menjadikan layar smartphone berukuran 6,3 inci nyaris bezel terkecuali di atas dan bawahnya.

Di sisi kanan, kamu dapat temukan tombol Power/Lock, sedangkan di sisi lainnya ada tombol volume dan Bixby yang terletak di bawahnya.

Sisi kanan Galaxy Note 8. Liputan6.com/ Iskandar

Seperti Galaxy S8 dan S8+, Samsung dengan sengaja menghilangkan tombol Home dan memindahkan sensor sidik jari ke belakang smartphone tepat di samping kamera utama.

Kamera belakang Galaxy Note 8. Liputan6.com/ Iskandar

Berhubung letaknya tak jauh berbeda dengan seri Galaxy S sebelumnya, banyak pengguna yang akan kesulitan untuk menggapai sensor sidik jari. Meski begitu, pengguna tetap dapat menggunakan cara lain untuk membuka smartphone bilamana dirasa kesulitan.

Sisi kiri Galaxy Note 8. Liputan6.com/ Iskandar

Meski memiliki bodi yang lebih kotak daripada Galaxy S8, Galaxy Note 8 tetap nyaman digunakan. Apalagi saat menggunakan S Pen. 

Di bagian depan, Samsung menghadirkan sebuah earpiece yang digunakan untuk mendengar percakapan telepon, sebuah sensor biometrik pemindai iris, dan kamera depan.

Kamera depan 8MP. Liputan6.com/ Iskandar

Kamu akan menemukan port USB Type C, speaker, audio jack 3,5mm, dan tentunya S Pen di bagian bawah smartphone.

Bagian bawah Galaxy Note 8. Liputan6.com/ Iskandar

Berhubung menggunakan material kaca untuk bodinya, Galaxy Note 8 cukup licin saat dipegang. Beberapa kali kami menggunakannya, smartphone ini sempat terjatuh ke lantai.

Mengejutkan, bodinya sangat solid dan sama sekali tidak retak. Memang ada bagian bodi ponsel yang sedikit lecet. Selebihnya kondisi Galaxy Note 8 masih berfungsi dengan baik. 

Bagian atas Galaxy Note 8. Liputan6.com/ Iskandar

2 dari 6 halaman

Layar

Dalam hal layar, teknologi layar Samsung memang tidak bisa diremehkan. Layar Super AMOLED yang terpasang pada smartphone ini memiliki tingkat kecerahan (brightness) 22 persen lebih tinggi dari Galaxy S8.

Galaxy Note 8. Liputan6.com/ Iskandar

Artinya, layar Galaxy Note 8 dapat digunakan dengan baik meskipun sedang berada di luar ruangan dengan keadaan cahaya yang terang. Entah hanya sebatas menjelajah internet, main gim, dan menonton video, tampilan di layar benar-benar jernih.

Hal ini kami buktikan ketika memutar konten video berformat HDR 4K. Warna yang tampil di layar terlihat terang dan detail.

3. Hardware

Beralih ke performa, Samsung menjejalkan prosesor Exynos 8895, RAM 6GB, memori internal mulai dari 64GB, 128GB, dan 256GB serta baterai berkapasitas 3300mAh ke dalam Note 8.

Secara keseluruhan, kemampuan Galaxy Note 8 sangat memuaskan. Di 'hajar' untuk main gim dengan kualitas grafis tinggi, seperti Injustice 2 dan Asphalt Xtreme pun bebas masalah dan anti lag. Saat dilakukan pengujian benchmark menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, Galaxy Note 8 mendapatkan skor 171.415 poin.

Asphallt Xtreme

Meski kapasitas baterai Note 8 lebih kecil ketimbang seri Galaxy S8+, baterai seri Note terbaru ini cukup 'bandel' dan mampu bertahan hingga seharian.

Diakui, kemampuan baterai di Galaxy Note 8 ini lebih baik ketimbang dari seri sebelumnya. Samsung tak ingin yang terjadi terhadap Note 7 pada tahun 2016 kembali membuka luka lama.

3 dari 6 halaman

S Pen

Menjadi salah satu fitur khas di seri Note, S Pen memang merupakan perangkat hardware yang ditujukan khusus bagi penyuka doodling atau mengambar.

Apa yang baru dari S Pen yang disertakan di Galaxy Note 8 ini? Samsung meningkatkan sensitivitas tekanan S Pen hingga kisaran 4.096 jenis tekanan.

Fitur translate di Galaxy Note 8. Liputan6.com/ Yuslianson

Hal ini kami buktikan ketika men-doodling di Galaxy Note 8. Setiap goresan S Pen di layar smartphone ternyata memiliki hasil yang berbeda tergantung seberapa keras S Pen ditekan ke layar.

Doodling

Guna mendukung kemampuan S Pen, Samsung pun meng-update software Notes yang terpasang di dalam smartphone. Kini, pengguna dapat membuat catatan hingga 100 halaman meskipun smartphone sedang dalam keadaan terkunci.

Doodling di Galaxy Note 8. Liputan6.com/ Yuslianson

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan S Pen untuk berbagai hal tak hanya doodling dan membuat catatan. S Pen juga dapat digunakan untuk membuka dan mengakses berbagai macam aplikasi yang ada di smartphone.

Dari sekian banyak fitur yang ada, Live Message merupakan salah satu yang kami suka. Dengan fitur ini, kamu dapat membuat doodle atau teks dan mengubahnya menjadi GIF.

 

Edge Panels. Liputan6.com/ Yuslianson

Setelah itu, kamu kirim Live Message tersebut ke teman-teman via aplikasi olah pesan ataupun media sosial.

Samsung juga menyertakan beberapa fitur menarik di dalam smartphone ini, seperti Apps Pair yang memungkinkan kamu membuka dua aplikasi yang sama di waktu bersamaan, dan Translate yang dapat digunakan untuk menerjemahkan teks bahasa asing ke bahasa yang diinginkan.

Live Messages. Liputan6.com/ Yuslianson

4 dari 6 halaman

Kamera

Seperti disebutkan sebelumnya, Galaxy Note 8 merupakan smartphone pertama Samsung yang hadir dengan dual kamera sebagai kamera utamanya.

Masing-masing lensa kamera utama memiliki resolusi 12MP (megapiksel), di mana satu lensa wide dengan aperture f1.7 dan lensa tele f2.4 dengan kemampuan optical zoom 2x dan digital zoom 10x.

Tak hanya itu, Samsung juga menyematkan teknologi optical image stabilization (OIS) di kedua lensanya agar kamera Galaxy Note 8 dapat mengambil foto dengan sempurna meskipun dalam keadaan bergerak.

Penasaran seperti apa kemampuan dual kamera Galaxy Note 8 yang kami uji? Kamu bisa melihat dari rangkaian foto-foto di bawah ini.

Uji kamera

Uji kamera

Uji kamera

Uji kamera

Uji kamera

Uji kamera

foto-bokeh

Uji kamera

Salah satu fitur paling menarik dan kami suka adalah dengan fitur Live Focus. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur efek bokeh sehingga membuat hasil foto lebih dramatis.

5 dari 6 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Galaxy Note 8 bisa dibilang sebagai smartphone paling unggul di pasaran saat ini, baik dalam hal kamera, kemampuan layar, dan fitur S Pen.

Samsung Galaxy Note 8 dengan boks penjualan. (Liputan6.com/Yuslianson)

Dalam hal performa, Note 8 tidak jauh berbeda dengan smartphone premium yang sudah meluncur di pasaran lebih dulu. Hanya saja, kapasitas baterai di Galaxy Note 8 seharusnya lebih besar.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Galaxy Note 8 Meluncur dengan Dua Paket Penjualan, Pilih Mana?
Artikel Selanjutnya
Resmi, Galaxy Note 8 Dibanderol Rp 13 Juta di Indonesia