Sukses

Bikin Kangen, Ini 7 Cheat Paling Populer di Era Kejayaan PS1

Liputan6.com, Jakarta - PlayStation 1 (PS1, atau juga sering disebut PSX) adalah konsol yang paling populer di era pertengahan 1990-an hingga 2000-an.

Konsol besutan Sony ini mampu terjual lebih dari 100 juta unit selama masa pemasarannya. Di Indonesia sendiri, PS1 menjadi ikon yang begitu berpengaruh di ranah kultur pop dan gaming.

Bicara soal PS1 dan era kejayaannya, sudah pasti banyak kenangan manis yang muncul di benak para pemain, salah satunya adalah 'celah' di mana gim PS1 bisa dimainkan dengan cheat. Metode ini memungkinkan pemain berbuat curang mengakali permainan dengan deretan kode atau kombinasi khusus.

Tentu ada banyak gim PS1 yang bisa di-hack dengan kode-kode cheat rahasia. Cara untuk mengetahui cheat ini pun cukup sulit waktu itu. Sebab, keterbatasan akses internet dan media masih minim. Sontak saja, cheat menjadi 'barang mahal' bagi para gamer.

Nah, Tekno Liputan6.com kini akan kembali napak tilas membawa kalian para gamer 90-an untuk melihat cheat apa saja yang paling populer di era PS1.

Ada tujuh cheat yang paling banyak beredar dan digunakan banyak pemainnya. Apa saja? Berikut daftarnya Tekno Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

Nascar Rumble

Nascar Rumble adalah salah satu gim balap PS1 yang paling populer.

Berbeda dengan gim balap lain, Nascar Rumble menawarkan sensasi balap mobil Nascar dengan trek ekstrem. Selain itu, tiap mobil memiliki kemampuan khusus dari barang yang bisa dikoleksi di sepanjang perjalanan.

Ada beberapa cheat populer Nascar Rumble, di antaranya seperti kode cheat 'KMZHAUWSAA' untuk membuka seluruh trek dan mobil dari semua jenis kelas (kecuali nomor 72 pada kelas elite).

Ada pula kode cheat 'KMZWAY87AA' atau 'KMZWA88SAA' yang bisa membuka semua fitur, trek, dan mobil balap tanpa ada pengecualian.

2 dari 7 halaman

Crash Team Racing

Seri spin-off Crash Bandicoot ini juga tak kalah populer. Crash Team Racing menceritakan invasi para alien yang ingin menantang para pembalap yang notabene adalah karakter dari jagat serial Crash.

Crash Team Racing juga memiliki banyak cheat untuk bisa membuka fitur tersembunyi. Yang paling populer adalah cheat untuk menghadirkan Aku Aku dan Uka Uka secara tak terbatas.

Pemain hanya perlu menahan tombol 'L1' dan 'R1' dan memasukkan kombinasi tombol kiri, segitiga, kanan, kiri, lingkaran, kanan, bawah, kanan, bawah, lalu akan mendapatkan Aku Aku dan Uka Uka secara tak terbatas.

Kehadiran si Aku Aku dan Uka Uka ini membantu pemain untuk terhindar dari serangan dan rintangan. Dengan demikian, pemain bisa membalap yang lain dan menjadi lebih cepat.

3 dari 7 halaman

Captain Commando

Captain Commando adalah gim arcade yang di-port ke PS1. Gim menawarkan genre petualangan di mana pemain harus melawan invasi alien jahat di Bumi.

Adapun beberapa cheat yang bisa digunakan di dalam gim ini seperti cheat One Hit One Kill. Cheat tersebut cuma bisa digunakan untuk karakter Captain Commando atau Jenneti.

Caranya, tahan tombol L1 dan R1, lalu tekan tombol segitiga untuk menyerang dengan serangan paling ampuh.

4 dari 7 halaman

Vigilante 8 2nd Offense

Mengusung gameplay battle arena, Vigilante 8 2nd Offense memungkinkan pemain mengendari mobil yang sudah dimodifikasi untuk berperang.

Ada banyak pilihan mobil perang yang bisa dipakai, mulai dari mobil sedan kecil hingga truk sampah.

Pemain pun bisa mengakses gim ini dengan beberapa cheat. Di antaranya seperti LLA_KCOLNU untuk mengendarai seluruh pilihan mobil, ELBICNIVNI agar bisa kebal dengan serangan lawan, dan GO_MONSTER untuk bisa membesarkan seluruh ukuran ban.

5 dari 7 halaman

Digimon Rumble Arena dan Tamiya Bakusou Kyoudai Let's & Go!! Eternal Wings

Digimon Rumble Arena

Digimon Rumble Arena adalah salah satu seri gim Digimon yang juga banyak dimainkan di PS1.

Beberapa cheat yang paling sering digunakan di gim ini seperti SERIUS untuk mendapatkan Omnimon, kode ROYBOY untuk mendapatkan Imperialdramon - Paladin Mode, serta kode MINNYN untuk Mega Garurumon.

Tamiya Bakusou Kyoudai Let's & Go!! Eternal Wings

Tak cuma populer dengan serial anime dan mainannya, Tamiya Bakusou Kyoudai Let's & Go!! Eternal Wings juga hits dengan versi gim PS1. Gim menawarkan gameplay balap mobil 4WD dengan kemampuan khusus.

Walau demikian, cheat yang ada di gim ini tidak terlalu memudahkan pemain. Alih-alih membantu, cheat cuma berperan untuk menampilkan easter egg. Seperti cheat di mana pemain bisa menahan tombol L1, L2, R1 dan R2, otomatis mobil tamiya akan berubah warna.

 

6 dari 7 halaman

GameShark

Terlepas dari semua judul gim lawas yang disebutkan di atas, GameShark adalah 'rumah' cheat dari PS1. Ya, dengan GameShark pengguna bisa menggunakan semua kode cheat khusus untuk hampir semua gim.

GameShark hadir dengan perangkat fisik dan juga versi CD. Untuk versi perangkat fisik, pemain cukup pasang GameShark di belakang PS1 dan akses kode cheat gim yang ingin dimasukkan.

Jika menggunakan versi CD, pemain harus memasang CD terlebih dulu dan mengakses kode cheat, lalu ganti CD ke gim yang akan dimainkan.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
HEADLINE: Marshal, Putra Minahasa Pencipta Lagu Legendaris Dunia
Artikel Selanjutnya
Naga bak Film Game of Thrones Ini Ternyata Karya Pengrajin Kayu