Sukses

Sony Siapkan 3 Stik Kontroler PS4 Versi Baru

Liputan6.com, Tokyo - Kontroler (acapkali disebut 'stik') konsol PlayStation 4 (PS4)--Controller DualShock, memang mengusung desain khas yang bertahan selama 4 generasi sejak PlayStation pertama diluncurkan pada 1997 silam.

Walau demikian, Sony selaku pembesut konsol terpopuler ini ternyata menilai desain kontroler saat ini kurang sesuai dengan gamer berukuran tangan kecil, khususnya kalangan anak-anak.

Karena itu, raksasa teknologi asal Jepang tersebut akan mempersiapkan tiga kontroler PS4 versi terbaru. Berbeda dengan Controller DualShock versi sebelumnya, ketiga kontroler ini akan memiliki ukuran yang lebih ringkas karena telah disesuaikan untuk gamer bertangan kecil.

Kali ini, Sony tak akan sendiri membesut ketiga kontroler terbarunya ini. Mereka akan mengajak mitra pihak ketiga yang telah mengantongi izin lisensi langsung dari Sony.

Menurut keterangan yang dilansir The Verge, Minggu (15/10/2017), dua kontroler termasuk ke dalam kategori "Compact Controller", sedangkan yang satunya lagi disebut "Mini Gamepad".

"Masing-masing kontroler punya kendali dasar, termasuk stik analog, tombol arah D-Pad, trigger, bumper, L3/R3, share, options, OS, dan tombol action," ujar Sony dalam keterangannya.

Adapun kontroler pertama bernama Nacon Wired Compact Controller. Ia dilengkapi dengan touchpad, lubang jack headphone, dan LED yang bisa menayangkan informasi di dalam gim seperti nomor pemain, status health, dan masih banyak lagi.

Sementara, kontrol kedua diberi nama @Play Wired Compact Controller. Ia hadir dengan skema warna two-tone, lubang jack headphone, serta touch pad. Berbeda dengan Nacon, tombol D-Pad @Play Wired Compact justru mengusung bentuk bundar.

Kontroler terakhir adalah Hori Wired Mini Gamepad. Ia mengusung desain paling unik dan berbeda, serta dirancang khusus untuk gamer anak-anak. Kontroler tersebut tidak mengusung sepasang 'tangkai' di bagian bawah sama sekali untuk genggaman tangan.

Hori Wired Mini Gamepad juga tidak memiliki touchpad. Jadi, untuk bisa mengontrol permainan dengan gestur jari, gamer bisa menekan tombol dan menggerakan stik analog di bagian depan kontroler.

Ketiga kontroler anyar ini direncanakan akan meluncur ke Eropa terlebih dulu pada November 2017. Sayang, Sony belum mengungkap informasi soal kapan ketiganya akan menyambangi Indonesia, pun begitu dengan harganya.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Resident Evil Revelations Sambangi Nintendo Switch 30 November
Artikel Selanjutnya
Resmi, Galaxy Note 8 Dibanderol Rp 13 Juta di Indonesia