Sukses

Apple Akui Kesulitan Besut Sensor FaceID iPhone X

Salah satu kendala yang dialami penyuplai adalah mengembangkan komponen proyektor dot untuk teknologi pemindaian wajah FaceID.

Liputan6.com, Cupertino - Meski iPhone X telah diumumkan, smartphone premium Apple tersebut nyatanya masih belum dilepas ke pasaran hingga saat ini. Ya, Apple memilih menunda waktu perilisan iPhone X sedikit lebih lama karena kendala teknis.

Usut punya usut, salah satu kendala teknis serius yang dialami pada iPhone X adalah salah satu komponen utamanya, yaitu sensor pemindai wajah FaceID. Penyuplai yang membesut sensor tersebut, mengaku kesulitan mengembangkan sensor FaceID karena beberapa masalah.

Menurut informasi yang diungkap Ubergizmo dari Nikkei Asian Review, Senin (16/10/2017), salah satu isu yang dihadapi penyuplai adalah masalah peletakkan proyektor dot untuk TrueDepth di kamera depan. TrueDepth memang menjadi salah satu alat penunjang teknologi pemindai wajah.

Proyektor dot sendiri merupakan komponen yang memproyeksikan 30.000 titik ke wajah pengguna sehingga bisa menciptakan 'peta' wajah untuk memindainya lebih mudah. Komponen ini juga digunakan untuk menciptakan animoji alias emoji bergerak.

Menurut Jeff Pu, analis industri teknologi dari Yuanti Investment Consulting, produksi komponen kamera dengan teknologi TrueDepth juga tidak mudah. Karena itu, kendala ini ia nilai bisa memengaruhi produksi massal iPhone X.

"Namun saya pikir kendala ini bisa ditanggulangi Apple dengan cepat. Dengan demikian, produksi massal iPhone X bisa tetap berlangsung pada pertengahan Oktober 2017. Pengapalan iPhone X akan dimulai dari Tiongkok dan berlangsung pada pekan ketiga Oktober 2017," ujar Pu.

Apple sendiri mengaku butuh waktu lima tahun untuk mengembangkan iPhone X. Diungkap Chief Design Officer Apple Jony Ive, timnya di Apple bekerja keras selama lima tahun terakhir untuk mengembangkan iPhone X.

Dalam prosesnya, ternyata tim pengembang iPhone X juga mengalami kegagalan dan tak selalu berhasil.

"Sebanyak 99 persen waktu pengembangan tak benar-benar berhasil untuk kami (mengembangkan iPhone X). Sebagian siklus pengembangan kami juga mengalami kegagalan," kata Ive tentang prosesor purwarupa iPhone X, seperti dilaporkan India Times.

Namun seiring berjalannya waktu, Apple berhasil mengatasi kegagalan-kegagalan dalam pengembangan iPhone X hingga berhasil mengumumkan iPhone X bulan lalu.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.