Sukses

Cara Mudah Bersihkan Smartphone Dekil karena Kotoran Bandel

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone merupakan salah satu perangkat yang selalu kita gunakan di hampir setiap kesempatan.

Oleh karena itu, smartphone kamu pasti tak bisa terbebas dari yang namanya kotoran. Entah itu kotoran yang berasal dari debu, keringat, ataupun noda makanan.

Nah, tahukah kamu, selain kotoran, smartphone juga tak terlepas dari bakteri jahat? Mengutip laman How to Geek, Senin (16/10/2017), dalam sejumlah pengujian, smartphone ternyata mengandung lebih banyak kuman daripada dudukan toilet.

Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini cara tepat untuk membersihkan smartphone kamu dari kotoran membandel.

Siapkan Alat Pembersih

Sebelum melakukan proses pembersihan, siapkan terlebih dulu alat pembersih yang dibutuhkan. Beberapa di antaranya adalah kain microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata.

Selain itu siapkan juga cotton buds untuk membersihkan sela-sela yang sulit dijangkau dan distilled water (air bersih) untuk membersihkan layar dan lensa kamera. Distilled water adalah air hasil sulingan yang tidak mengandung bahan kimia sehingga tidak meninggalkan noda.

Siapkan pula isopropyl alcohol untuk membersihkan tombol dan casing smartphone yang terbuat dari plastik.

Pastikan kamu tidak menggunakan pembersih jendela, semprotan aerosol, pelarut, amonia, CLR atau abrasive karena dapat merusak permukaan bodi smartphone.

1 dari 3 halaman

Bersihkan Bagian Luar

Setelah semua peralatan pembersih tersedia, mulailah dengan mematikan smartphone kamu dengan menekan tombol power. Kamu juga harus melepaskan pelindung layar atau aksesori smartphone yang melekat.

Hati-hati saat melepas pelindung layar karena berisiko menyebabkan goresan. Jangan lupa pula untuk mencopot baterai dari smartphone sebelum melakukan pembersihan.

Jika smartphone kamu mengusung keyboard qwerty, bersihkan dengan cotton buds yang telah dicelupkan ke alkohol. Jangan menggosoknya terlalu keras dan tidak dianjurkan untuk menyeka cairan alkohol ke dalam atau bawah keyboard.

Jika bodi smartphone dilengkapi trim logam, gunakan cotton buds yang dibasahi dengan air (bukan alkohol).

Bersihkan Secara Utuh

Setelah bagian luar terlihat bersih dan bebas dari noda membandel, gunakan cotton buds kering untuk membersihkan debu yang menempel di bawah penutup baterai.

Jika debu atau noda yang menempel sulit dibersihkan, basahi cotton buds dengan sedikit distilled water, lalu seka secara perlahan.

Setelah itu bersihkan permukaan lensa kamera dengan cutton buds yang telah dibasahi dengan air dan gosok secara perlahan dengan gerakan berputar. Setelah lensa bersih, segera keringkan dengan cotton buds sehingga air tidak mengering pada permukaan lensa.

2 dari 3 halaman

Bersihkan Layar

Selanjutnya bersihkan permukaan layar menggunakan kain microfiber. Jangan basuh kain microfiber dengan air karena dapat menimbulkan kelembaban.

Bersihkan layar dengan gerakan satu arah, dari lubang speaker ke arah mikrofon. Jangan gunakan gerakan melingkar karena dapat menyebabkan goresan yang juga melingkar.

Jika smartphone terbuat dari material logam atau kaca, berarti smartphone memiliki sifat oleophobic (secara harfiah berarti tak bisa terkena minyak yang berasal dari wajah atau tangan).

Jadi, pastikan jangan menggosoknya terlalu keras atau menggunakan alkohol karena tindakan itu dapat mempercepat proses keausan pada lapisan bodi smartphone.

Bersihkan Casing Tambahan

Jika smartphone menggunakan cover atau casing tambahan dari plastik, bersihkan bagian dalam dan luarnya dengan menggunakan cotton buds yang dibasuhi alkohol. Biarkan casing mengering dengan sendirinya, sebelum melekatkannya kembali di smartphone.

Bila menggunakan leather case, gunakan leather cleaner yang dirancang untuk membersihkan dan melembabkan kulit. Alat pembersih ini bisa dibeli di banyak toko aksesori otomotif dan online store. Leather cleaner bisa dipastikan dapat mengangkat kotoran yang membandel.

Selamat mencoba!

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Saat Bersih-bersih Jangan Abaikan 5 Benda ini!