Sukses

Tips Hemat Kuota Internet saat Pakai 3 Medsos Favorit Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bermain media sosial memang menyenangkan dan tidak bisa dihindari oleh pengguna smartphone. Bagaimana tidak, media sosial menjadi tempat berinteraksi pengguna smartphone.

Tak eksis rasanya bila tidak memiliki akun media sosial yang sedang banyak dipakai teman-teman, misalnya saja Facebook, Instagram, hingga Snapchat.

Pada sisi lain, menggunakan ketiga media sosial populer tersebut secara terus menerus lewat smartphone juga bisa menguras kuota internet.

Lantas, bagaimana cara menghemat kuota data di tiga media sosial di atas? Berikut tips menghemat kuota internet saat menggunakan media sosial seperti dikutip dari Tech Viral, Selasa (17/10/2017).

1. Facebook

Hampir semua orang yang kita kenal memiliki akun Facebook. Nah, pengguna Facebook cenderung membuka Facebook lebih dari sekali dalam sehari. Hal ini tentu membuat pemakaian kuota internet menjadi lebih boros.

Untuk menghemat pemakaian kuota saat menggunakan Facebook, pengguna bisa menyiasatinya. Pertama tap ikon tiga garis di sisi kanan atas aplikasi Facebook. Di sini terdapat sejumlah "Setting Option".

Kamu bisa menemukan opsi "Data Saver Option" lalu mengaktifkannya.

Cara menghemat kuota data saat memakai aplikasi Facebook di Android (Sumber: Android Pit)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hemat Kuota di Instagram

2. Instagram

Seperti Facebook, Instagram kini jadi platform media sosial yang sangat populer di kalangan penggunanya. Karena seluruh tampilannya berbentuk foto dan video, tidak dimungkiri aplikasi Instagram pasti menguras kuota.

Untuk sedikit menghemat kuota internet saat memakai Instagram, pengguna bisa mengaktifkan fitur opsi penghematan data yang ada di aplikasi.

Caranya, buka "Setting" pada aplikasi Instagram (buka profil kemudian tap pada ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas Home).

Di bawah opsi "Setting" pilih opsi "Cellular Data Use Option" pilih opsi "Use Less Data" untuk membuat data yang digunakan aplikasi Instagram tak terlalu banyak.

	Tips hemat kuota internet saat menggunakan Instagram (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

3 dari 3 halaman

Hemat Kuota di Snapchat

3. Snapchat

Aplikasi Snapchat memang tidak dipakai semasif Facebook. Meski begitu, jumlah pengguna Snapchat cukup banyak. Sifat aplikasi berbagi video singkat ini pun menguras banyak kuota.

Untuk menghemat kuota ketika memakai Snapchat, pengguna bisa opsi Setting di menu yang terdapat di pojong kanan atas Snapchat. Selanjutnya cari opsi "Additional Services". Klik dan pilih "Manage Option". Kemudian, aktifkan "Turn on the Travel Mode".

Tips menghemat kuota internet saat memakai Snapchat (Sumber: TechViral)

Selamat mencoba!

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.